Ini Strategi Marketing Yang Baik Online Shop dari Shembah Bravo

Kali Ini bahas Strategi Marketing Yang Baik Online Shop dari Shembah Bravo (profil lengkap silakan cek di Broker Preneur online) di Kopdar Imers 24 April 2016. Beliau merupakan salah satu guru saya dalam dunia internet marketing, ada banyak nasehat yang beliau yang inspiratif menunjang kinerja diri maupun bisnis saya.

Awal kopdar sih rasanya membosankan, pasalnya ada banyak ‘iklan’ dari sponsor yang maju ke depan memaparkan apa yang sudah mereka presentasikan. Ada dari Kanca.Id, lalu ada lainnya dari salah satu starup baru  yang kesannya super profesional dan serba menguntungkan, Ternyata akhirnya cuman jadi bahan lelucon sesama peserta.

Materi kopdar yang utama baru muncul selepas shalat ashar. Ya jadwal kopdarnya mulai pukul 14.00 WIB. Saya datang awal waktu ke resto balekambang. Karena memang dari rumah programnya, mau cari herbal dulu, cari buku, cari makan (bejonya ditraktir malahan hehe) baru mampir ke acara kopdar imersnya.

Belajar Strategi Marketing Online dari Startup yang sudah besar

Shembah memilih mempergunakan gaya studi kasus dari dua toko online besar di indonesia yaitu http://lolalo.la/ dan http://www.mataharimall.com yang nampaknya sudah banyak mengenalnya. Satu jualan pakaian dalam wanita satunya jual apa saja ada he he he he.

kopdar solo Ini Strategi Marketing Yang Baik Online Shop dari ShembahBravo Strategi marketing toko online
Ketika diminta sharing juga di Kopdar Imers Solo Raya

 

Yang menarik, shembah menuturkan bahwa sebesar apapun toko anda, pastikan anda sudah memulai melakukan list building secepatnya. Ada tiga cara umum sebenarnya dalam melakukan list building:

  1. Bangun database pelanggan berupa contact di Whatsapp / BBM / SMS
  2. Bangun email list pelanggan
  3. Pixel tracking kalau pakai fb ads

pada tiga pilihan membangun list di atas, shembah merekomendasikan untuk kedepannya dengan penggunaan email. Tentu dengan alasan beliau:

  • pemasaran mau tidak mau akan bergerak sebagaimana yang terjadi di negara maju, disana apa yang digunakan? Email
  • batasan teknis yang melelahkan di Whatsapp / bbm/ sms dimana ongkos pemeliharaannya mahal dan beresiko hilang dengan cepat ketika perangkatnya eror atau rusak. kita paham bersama misal bbm android rawan eror dan rusak, bbm biasa juga gitu
  • email walau sekarang belum begitu diperhatikan, akan tetapi hampir semua platform mengunci segala loginnya memakai email. Mau pake android pakai email data penting kita di mac misalnya juga disyaratkan pakai email

Maka dari kejadian yang sudah ada saja, semakin kita memahami bahwa email ini sebagai kunci dari banyaknya aktivitas online kita. Shembah juga membeberkan bagaimana valuasi bisnis ratakan demikian besar sebab ‘database email’ yang dimilikinya  (salah satunya ).

Strategi Email marketing sebagai masa depan Toko Online

Maka, bagaimana cara memulai melakukan email marketing sebagai strategi marketing untuk meningkatkan penjualan di toko onlinenya bahkan sebagai salah satu aset yang luar biasa?

  • Siapkan websitenya. Desain secara profesional mungkin. Kasih logo yang bagus, foto produk yang bagus, dan data produk serta lainnya yang lengkap
  • Siapkan autoresponder. Anjrah web merekomendasikan pakai Getresponse, Anda bisa langsung coba gratis lewat sini. Atau ya kalau coba pakai versi indonesia bisa cobain VIOSENDER milik pak dokter purba kuncara di sini.
  • Siapkan kode autorespondernnya, lalu mulailah membuat promo. Masukan email anda di form ini, dapatkan diskon / hadiah / apalah agar dia mau membagikan emailnya. Kalau di web besar kan umumnya gitu, masukan email dapat diskon Rp 50rb, tidak dapat diuangkan hanya bisa buat belanja
  • Cari pengunjung sebanyak banyaknya. Tentu pengunjung tertarget ya.

Sehebat apapun strategi marketingnya Butuh Leader yang Hebat di perencanaan, follow, dan eksekusi

Nah, itulah ringkasan singat dari paparan materi yang shembah bravo sharekan kemarin. Saya sendiri kemarin diminta maju, saya sharekan sebuah pemahaman bagi semua yang hadir bahwa;

Kita butuh sosok shembah bravo dalam setiap bisnis yang kita jalankan atau kelola. Ya, jadikan diri anda, tim anda memiliki sosok yang luar biasa seperti beliau. Beliau sosok leader yang tahu organisasi / bisnisnya mau dibawah kemana, tahu harus merekrut tim seperti apa, sampai tahu bagaimana memimpin tim-nya menjalani teknis yang harus ditempuh agar tercapai goalnya.

Karena, leader yang lembek akan lahirkan organisasi yang lembek pula. Seperti harimau  yang dipimpin se-ekor kambing dia akan ikut mengembik, sedang kucing kucing yang dipimpin singa dia bisa mengaum yang menggetarkan siapa saja yang melihatnya. Semoga bermanfaat ya. Daaan ketika artikel sharing strategi marketing menambah wawasan buatmu, pastinya menambah wawasan buat tim serta rekan rekanmu. Sharekan ya, membagi ilmu berpahala insya Allah.

 

 

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *