3 Cara Mengambil Kembali Akun Fb yang di Hack Orang, Ampuhh!

AnjrahWeb.Com – Topik mengambil kembali akun fb yang di hack lahir dari pertanyaan seseorang melalui akun facebook saya. Ya memang sudah banyak kejadian, akun facebook yang merupakan aset digital kita malah diambil alih oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Mari kita pelajari cara memperbaiki facebook yang di hack orang. Kita pelajari kira kira solusi apa yang bisa kita tempuh untuk mengembalikan akun facebook milik kita. Tapi saya kasih garis bawah, cara mengatasi akun facebook yang di hack orang yang saya sharekan ini tolong digunakan hanya untuk akun facebook pribadi kamu sendiri ya.

Jangan disalahgunakan! Saya berlepas tangan dari penyalahgunaan tersebut.

Mendiagnosis Kondisi Akun Facebooknya dulu

Baik. Pertama, diagnosislah. Ada 3 Kondisi facebook yang sudah terlanjur di hack orang. Antara lain:

  1. Facebookmu sudah ke hack, email yang kamu pakai buat mendaftar facebook tidak terhack
  2. Facebookmu sudah ke hack, email email yang kamu pakai untuk mendaftar facebook juga sudah terhack.
  3. Kondisi selain dua kasus di atas.

Kira kira, jenis yang manakah kondisi akun facebookmu?

Kondisi Pertama, Ini relatif lebih mudah.  Caranya, silakan anda melakukan prosedur lupa password / lost password di facebook. Di bawah kolom yang biasanya kita memasukan email dan password pasti ada link untuk orang yang lupa password.

3 Cara mengambil alih akun facebook yang di hack orang
link lupa passwordnya

 

Klik dan ikuti saja. Intinya nanti facebook mengirimkan link khusus untukmu bisa membuat password facebook yang baru. Kalau sudah bisa membuat password facebook baru, jaga kerahasiaannya baik baik. Ingat juga membuat password baru di email yang kamu pakai ya buat membuat facebook itu.

Nah dengan cara begini, biasanya kita sudah bisa mengambil alih facebook yang di pakai oleh orang lain. Kadang orang itu dia tahu email facebook kita, tahu password kita, lalu dia ubah se-enak perutnya password facebookmu itu.

Ni karakter orang yang ‘nge-hack’ dia dekat denganmu. Gaya mantan yang posesif biasanya juga pakai jalur ini. Sok masuk ke facebookmu, sok memata matai aktifitas yang terjadi didalam facebookmu sampai kadang mengambil alih akun facebookmu.

Kondisi Kedua. Harus melakukan dua langkah. Ambil alih ulang dulu emailnya baru kemudian ambil alih facebookmu. Nyawa facebook itu ada pada email.

Walau bagi yang mendaftar lewat nomor HP dan belum memasukan primary email di akun facebooknya, nyawanya di nomor HP yang dulu kamu pakai buat mendaftar (kalau nomor HPmu itu kehapus / hilang ya wassalam akun fbmu). So kalau daftar pakai Nomor HP, wajib segera bikin email buat nanti di masukan ke facebookmu itu.

Cara ambil alih email gimana? Ini kadang simpel, kadang agak ribet. Bagi kamu yang emailnya sudah di koneksikan ke nomor handphone dan nomor handphonenya masih aktif, lakukan prosedur reset password (lupa password) buat mengirimkan kode angka khusus ke nomor HPMU.

Atau bagi yang sudah memasukan opsi email pemulihan di akun emailmu, bisa lakukan prosedur lupa password yang nantinya link yang membantumu membuat password baru dikirimkan ke email pemulihan itu.

Kalau emailmu sudah terhack. Kamunya belum mengkoneksikan email itu dengan nomor handphone tertentu di HPmu atau kamu tidak pernah mengkoneksikan dengan email lainnya buat opsi pemulihan. Simpelnya, ya sudah tamat riwayat akun facebookmu.

Sampai di sini, katakanlah kamu sudah berhasil mengambil alih email yang kamu buat. Maka lanjutkan dengan strategi yang sudah Anjrahweb.Com paparakan di Kondisi Pertama.

Kondisi KeTiga. Kejadian yang sudah saya kupas sebelumnya. Dimana anda memiliki facebook, tapi belum pernah memasukan email. Jadi mendaftar hanya mempergunakan nomor handphone.

Maka kuncinya, anda harus bisa mengakses nomor handphone yang dulu anda pakai buat mendaftar. Lakukan opsi lupa password. Facebook mengirimkan kode angka tertentu ke nomor handphone anda dalam format SMS. Selesaikan opsi pembuata password baru.

Ya, demikianlah solusi yang bisa ditempuh. Memang tidak terlalu rinci, hanya konsep. Ajak temanmu yang lebih paham dunia internet untuk mendiskusikan apa yang sudah kami sharekan kalau kamu belum paham juga.

Walau saya terus terang katakan, jurus di atas juga ada keterbatasan keterbatasan. Kuncinya adalah usaha preventif.

[infobox style=”alert-success”]

Kondisi Darurat
Ada opsi lain yang darurat sih, kadang kita udah sama sekali nggak bisa ngakses akun facebook kita yang udah kehack. Eh, akun fb kita yang ke hack itu dipakai orang buat kejahatan. Buat jualan produk, Payahnya atas nama kita semua. Buat pura pura ngutang atas nama kita. Penipuan dll.

Email pemulihan dah nggak bisa. Nomor Hp fbnya lupa. Email fbnya dah nggak bisa di pulihkan. Semua jurus diatas dah nggak fungsi.

Maka solusinya, menurut saya. Dan ini pilihan yang saya ambil (DISCLAIMER: DO WITH YOUR OWN RISK, PIKIRKAN MASAK MASAK. RESIKO ANDA TANGGUNG SENDIRI. INI OPSI TERAKHIRRR BANGET!!)

Strateginya, Bumi hanguskan fb yang udah ke hack dan nggak bisa tertolong lagi. Daripada disalah gunakan sama hackernya.

Caranya? anda bikin akun fb baru. Add teman teman baru kepercayaan anda. Lalu mintalah tolong mereka agar me-report akun fb anda yang ke hack itu ke facebook. Biasanya kalau direport bareng bareng (kurang tahu pastinya angka berapa, tapi saya pernah dan sangat cepat sekali) nanti akun fb kita yang ke hack itu akan dihapus oleh facebook.

Di menu report facebook ada menu yang buat beginian. Report dalam bentuk kita mau bantu si orang itu. Terus kita kasih tahu facebook bahwa akunnya dipakai oleh orang bukan pemilik aslinya / ke hack.

[/infobox]

Cara setting keamanan facebook

Lakukan langkah langkah penting antisipasi (preventif) penjagaan keamanan akun facebook. Tak ada usaha yang lebih baik daripada usaha pencegahan. So, mari ikuti tips cara supaya akun facebook tidak bisa di hack orang di kemudian hari:

Cara Mengamankan facebook agar tidak di hack orang
Preventif tetap LEBIH BAIK!

 

  1. Paling aman, deaktifkan facebookmu kalau sedang tidak dipakai. Walau ini beresiko, karena ibarat laptop, kita shutdown akun facebook kita. Walau kapan waktu bisa di aktifkan kembali, hanya kadang kita jadi melewatkan aneka notifikasi dari grup, fanspage, inbok dari teman dan semuanya.
  2. Setting strategi pemulihan di email yang anda gunakan untuk mendaftar facebook. Biasanya ada dua strategi pemulihan email: Memasukan email lain (jadi minimal anda harus punya 2 email) atau memasukan nomor handphone.
  3. Password facebook dan Password email harus kuat. Password jangan tanggal lahir, tanggal jadian, nomor handphone atau sesuatu yang gampang ditebak. Buatlah password yang berisi kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, juga karakter khusus. Misalnya seperti apa? J4^^Ujag#0Yeee. Kamu bisa membaca password itu apa? ya itu adalah tulisan ‘alay’ berwujud: jamu jago oyee :). he he he. Atau semacamnya ya.
  4. Jangan publikasikan / kasih tahu orang terdekatmu mengenai apa passwordmu. Kalau kamu khawatir nanti ada kenapa kenapa dengan dirimu lalu bingung ntar pewaris akun facebookmu bagaimana, kamu bisa seting pewaris akun didalam facebook itu sendiri.
  5. Setting trusted kontak / 3 orang terpercaya yang nanti jadi jaminan kalau facebookmu ada kenapa kenapa melalui menu setting keamanan facebook.
  6. Mau ketat lagi, jangan pergunakan email reguler (email yang biasa kamu pakai buat komunikasi sehari hari ) buat dijadikan email utama bagi facebookmu. Bikin email khusus, email ini buat facebook-kan saja.
  7. Aktifkan menu konfirmasi by SMS ketika mau login ke facebook. Sayangnya, ini kadang merepotkan kalau kita pas mau login pakai laptop, eh HPnya ketinggalan.
  8. Berdoa kepada Allah setelah menyempurnakan tawakalmu dalam mengantisipasi akun facebook supaya tidak di hack oleh orang.

Ya itulah 3 Cara Mengambil Kembali Akun Fb yang di Hack Orang dan Cara Mengamankan facebook kita supaya tidak di hack. Semoga bermanfaat. Diskusi, saran, dan masukan lain berkaitan dengan topik di atas, silakan disampaikan di kolom komentar.

NB. Saya tidak buka jasa layanan menjebol facebook orang, jasa mengurus akun facebook yang di hack orang dan semacamnya, Hanya bagi solusi dari pengalaman saja ya. INGAT, AMANKAN EMAILMU, AMANKAN FACEBOOKMU, SEKARANG JUGA! Langsung ke setting security facebookmu.

 

 

 

 

2 Comments

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *