6 Kegunaan Plugin Jetpack & Fungsi Plugin Jetpack Terpenting

Posted on

AnjrahWeb.Com – Barangkali anda penasaran dengan kegunaan plugin jetpack? Fungsi fungsi plugin jetpack apa saja yang penting kita pilih di dalamnya? Mari, kita kupas lebih dalam para artikel kali ini.

Kebetulan saya sendiri sudah lama mengenal plugin jetpack buatan satu perusahaan yang bikin CMS wordpress ini. Hanya kalau memakainya secara intensif baru beberapa waktu ini.

Dulu, alasan saya enggan menggunakan plugin jetpack wordpress karena saya menilai fungsinya terlalu banyak dan saya pikir bakal memperberat kinerja wordpress. Ternyata saya keliru, ada banyak fungsi didalam jet pack yang malah membantu kinerja website kita.

Detailnya, ayuk kita kupas aja. Formatnya tanya jawab aja kali ya biar lebih santai.

6 Kegunaan Plugin Jetpack  Fungsi Plugin Jetpack WordPress Terpenting
Plugin Jetpack Emang Keren

1. Bagaimana sih cara menggunakan jetpack di wordpress?

Ini tanya cara install plugin jetpacknya wordpres atau mau tahu cara setting jetpack? Kalau setting satu satu alias secara lengkap tentu akan menghasilkan artikel yang teramat panjang. Sebab 1 plugin jetpack memiliki fungsi 36 macam di dalamnya. Masing masing fungsi kadang ada rinciannya sendiri sendiri.

Sederhananya kami jawab, cara menggunakannya tinggal anda search di kolom pencarian plugin wordpress biasanya. Add new plugin – ke kolom search plugin ketik Jetpack by WordPress.com. Kalau sudah ketemu, install dan aktifkan. Sesederhana itu. Atau download dulu di Halaman Asli Jetpack.

Hanya dalam proses instalasinya anda diminta untuk membuat akun di wordpress.com. Jika sebelumnya anda sudah pernah bikin blog gratisan di wordpress.com, tugas anda lebih sederhana. Tinggal masukan username dan pasword akun wordpress.com sewaktu instalasi jetpack.

Ciri instalasi jetpack sudah selesai, akan muncul menu baru di dashboard wordpress anda sebelah kiri. Cari aja, nanti ada tulisan jetpack.

2. Apa saja Kegunaan Penting Plugin Jetpack yang Sebaiknya di Aktifkan?

Pas awal selesai instalasi biasanya jetpack menawarkan proses instalasi instan kepada anda. Ya semacam paket instalasi rekomendasi dari jetpacknya. Silakan tawaran itu di ambil saja semua. Toh kalau ada yang nantinya mau di nonaktifkan, anda bisa akses menu settings di dalam menu jetpack.

Kalau menurut saya yang penting:

  1. Photon. Fungsi jetpack yang ini membantu loading gambar di website kita jadi jauh lebih enteng dan cepat. Dia secara otomatis membuat konfigurasi agar bagaimana gambar gambar yang ada dalam website kita di load mempergunakan servis CDN milik wordpress.com
  2. WordPress.com Stats. Statistik dari wordpress ini saya suka gunakan untuk memantau traffic sehari hari termasuk konten mana yang populer, pencarian apa yang populer, serta memantau jumlah clicks yang terjadi.
  3. Subscriptions. Kalau di blogger ada feedburner gitu. Hanya fungsi Subscriptions di plugin jetpack jauh lebih simpel. Kegunaannya, kita bisa membuat list pembaca setia blog tanpa ribet urusan autoresponder. So, kalau list pembaca kita banyak, kita akan ya punya pengunjung setia yang selalu dan selalu membaca apa yang kita sharekan.
  4. Protect. Tujuannya buat menjaga keamanan halaman login kita. Kerennya mencegah dari serangan brute force attack yaitu serangan hacker mengacak username dan paswoord login ke website kita. Kalau dulu ada login limit attempt kalau nggak salah, tapi dengan kita install jetpack ternyata ada fitur itu di dalamnya. So, ngirit install plugin.
  5. Publicize. Dia bertugas secara otomatis membagikan apa yang kita posting ke dalam facebook / twitter atau aneka akun yang bisa kita setting di dalamnya. So enggak capek capek share ke mana mana, sudah otomatis Publicize membantu kita. Ini bagus sebagai parameter social signal dalam ilmu SEO.
  6. Monitor. Memberikan notitikasi kalau website kita down. Dia per lima menit kalau enggak salah memonitor website kita. Bayangkan lagi laris larisnya pengunjung datang, eh kita enggak tahu kalau websitenya down. Bisa lepas peluang salesnya.

Ya berhubung sudah adzan dzuhur, saya break dulu ya. Semoga kupasan sederhana mengenai kegunaan plugin jetpack dan penjelasan beberapa fungsi jetpack di wordpress di atas bisa memberi manfaat buat anda sekalian.

Ingat share ya ke temen temenmu, kiranya bisa melebar ilmu menjadi amal jariyah buat kita bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *