Note Saat Jadi Pembicara Seminar Internet Marketing di Solo

Anjrah Web – Aku 9 November kemarin di dapuk sama mastah Shembah Bravo CEO-nya Ratakan.com buat sharing di Solo. Kejatah bahasan tentang dunia Server. Ketika Shembah menyatakan jatah bahas dunia server,  “Wah tema server, agak grogi dibuatnya”, pikirku dalam batin.

Seminarnya itu berlokasi di salah satu ruangan restaurant taman pring sewu solo juga menghadirkan dua pembicara lain. Satu pembicara bahas bisnis jasa melalui internet yaitu mas Andika, satunya lagi bahas branding dengan teori ‘Kuliahan’ Design  oleh mas Thoif. Ya cukup kumplit pasalnya tema utamanya memang BAGAIMANA MEMBANGUN ASET DIGITAL yang jelas PROFITABLE dan SUSTAINABLE bermodalkan Internet.

Slide presentasi Seminar Internet Marketing Solo Anjrah AnjrahWeb

Jepretan pas Ane Presentasi – Sumber Foto, Facebooknya Shembah 😀

Aku sendiri pada akhirnya menyampaikan materi dunia server, tapi saya berikan masukan banyak mengenai model bisnis bagi peserta. Pasalnya, saya menyimak sejak hari pertama (saya menyengaja datang di hari pertamanya) materinya terlalu teknis, sentuhan bisnisnya kurang, maka saya berikan benang merah agar jadi lebih nyambung materinya ke membangun aset beneran di dunia online.

Ya kalau temen temen mau melihat seperti apa slide materi internet marketing yang saya presentasikan, bisa lihat dibawah ini:

[sociallocker id=”779″]  [/sociallocker]

Pahami Model Bisnisnya, Sehingga Apapun yang dilakukan jadi lebih efektif dan effisien

Saya memberikan penekanan di awal mengenai empat hal yang menjadi muara bisnis gagal, model bisnis canvas, jauh jauh lebih awal daripada membicarakan server. Penekanan yang serius karena memang itu yang banyak dilalaikan.

Orang sibuk memikirkan ini saya harus pakai adword, pakai hosting mana, pakai fb ads jurus apa, namun lupa visi misi bisnisnya. Lupa value yang harus di matangkan agar customer menjadi ‘pengikut setia’ bisnis yang dibangun. Ya, walau jujur harus disampaikan, menemukan value yang kuat dari sebuah bisnis akan butuh waktu dan permenungan. Justru itu, harus di bangun sejak dini kesadaran mengenai value, agar kian hari kian matang, kian kuat bisnisnya.

Saya terinspirasi banyak dengan film Steve Jobs, dimana dia benar benar tahu VALUE dari bisnisnya. Sehingga, hari ini apel computers punya tempat tersendiri di masyarakat dunia. Semoga bisnis kita bisa lebih bernilai, dan jauh lebih keren dari yang sudah Jobs lakukan. Amin.

 

Tags:
Panduan Cpanel Ratakan

Bagi dong pendapat positifmu Mengenai Topik Di Atas