Bisnis Online Apa yang Cocok Untuk Pemula
AnjrahWeb.com – Sebuah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan, “Apa Sih Bisnis Online yang Cocok untuk Pemula?”. Pertanyaan sederhana yang akhirnya saya jawab melalui Video. :).

Tentu cara jawabnya juga tidak sesimpel membalik telapak tangan, saya berikan peta kepada anda untuk memilih buat memulai, sambil menimbang beberapa keadaan yang ada pada diri anda sendiri. Dunia bisnis online itu sangat luas, maka silakan nanti anda mengamati lingkungan, memilih mana yang lebih cocok buat anda sekalian.

Karena, memang tak pernah ada cara bisnis online untuk pemula yang paling tepat, sebelum orang itu mempelajari dirinya sendiri. Skillnya sejauh mana, waktu, modal, dan apakah sudah punya man power berapa banyak. Harus ditimbang timbang oleh anda sendiri.

Video Bisnis yang Cocok Untuk Pemula Modal Internet

Ayuk kita mulai menjelajai bagaimana petanya, bagaimana kemungkinnan yang bisa ditempuh langsung lewat video berikut:

 

Sudah selesai menonton? bagaimana video belajar bisnis online bagi pemula yang sudah saya buat? insight apa yang sudah anda dapatkan? Kira kira mau mengambil bisnis yang mana?

Memang dalam video saya belum menyampaikan apa saja contoh websitenya satu demi satu. Hanya saja, kalau teman teman ada pertanyaan silakan bisa komentar saja di kolom yang sudah tersedia ya. Beberapa rekomendasi artikel yang bisa dipelajari juga berkaitan dengan beberapa contoh bisnis yang sudah saya utarakan dalam video:

  1. Pak Adhi Suandaru, beliau programmer, senang dengan dunia social media. Dia membuat website untuk mengelola ribuan akun facebook, twitter, linkedin, pinteres, sampai instagram. Namanya sociocaster. Saya sudah tulis produknya di Review Sociocaster. Pak Adhi mendapatkan uang dari biaya berlangganan software sociocaster yang sudah dipakai ribuan orang indonesia maupun luar negeri.
  2. Ada teman, namanya pak Virtarich (nama online). Beliau senang mendesain website yang berbasis wordpress. Ada banyak orang senang dengan desainnya. Maka beliau membuat website yang menjual desain web siap pakai (theme wordpress) sehingga orang bisa membeli desain – desainnya lalu secara sah mempergunakan bagi kepentingan pribadi maupun komersial. Salah satu produknya saya review di artikel: Theme dengan Shoppingcart keren.
  3. Lalu Saya sendiri, saya membuat video tutorial bagaimana membuat website sendiri. Bisa akses di Panduan Mengelola Hosting. Saya membantu orang awam sekalipun dia bisa memahami website. Jadi, biasanya orang hanya pasrah, minta dibuatkan website pada programmer. Kalau ada rusak rusak diwebsitenya, pas programmernya sibuk, dia cuman bingung nggak bisa ngapa-ngapain. Panduan ini solusinya, biar ya kita dikit dikit tahu lah dunia server serta memaksimalkan fungsi fungsinya.
  4. Kalau mau cari contoh blog adsense, biasanya banyak. Banyak blog berita dan sebagian besar website informasi yang ada di indonesia mempergunakan model bisnis payperklick. Bisa mulai diamati ya, kalau ada iklan iklannya dengan kode yang sudah saya paparkan di video, maka dia mempergunakan model bisnis PPC. Adsense utamanya. Juga kalau kita install aplikasi dari google play, kita juga dapatkan banyak iklan yang kadang kelap kelip dibagian atas, atau bawah dari aplikasi.

Contoh lainnya rekan rekan silakan melakukan eksplorasi ya.

Bisnis untuk pemula dengan modal kecil yang bagus apa Pak?

Ya. Di video sudah saya paparkan bahwa apa yang harus ditakar dalam diri kita sebelum memulai bisnis, seberapa besar modal yang kita miliki. Tapiiiii… bukan berarti bisnis hanya akan jalan kalau anda memiliki modal (uang yang besar).

Sadarilah, bahwa modal utama itu adalah bermuncul dari pertanyaan, “Apa sih alasan KUAT saya sehingga harus repot repot masuk ke dunia bisnis, spesifiknya, apa alasan kuat saya harus berbisnis online?”. Ini sangat fundamental.

Kalau urusan kita bisnis, kita kehabisan modal misalnya, kita bisa carikan pinjaman dari rekan bisnis kita sendiri, tetapi kalau kita kehabisan motivasi dan alasan kuat kita buat berbisnis sampai benar benar sukses. Maka, tak akan ada orang lain selain dirimu sendiri yang mampu menolongnya.

Tanpa harapan, tanpa visi, tanpa semangat mencapai tujuan yang sangat kuat, nggak jauh jauh bisnismu hanya sampai segitu segitu saja. Kena masalah dikit, udah letoy, serasa gunung gunung menghimpitmu dan lautan menenggelamkanmu sampai jauh ke dalam.

Jadi, Visi, Kemauan yang kuat, Mentalitas baja mau berusaha dan terus belajar melakukan perbaikan merupakan modal utama. Modal yang bernilai sangat besar!

Lalu, wujud bisnis yang bisa dilakukan apa?

  1. Lakukan riset pasar, saya sudah tuliskan ebook mengenai 3 pertanyaan fundamental ketika mau mulai start take action membangun bisnis. Bisa anda download di page saya: Free Ebook 3 Pertanyaan Penting Membangun Bisnis.
  2. Kalau toko online, anda bisa memulai dari menjadi seorang reseller. Ada beberapa supplier produk yang kita bisa menjadi reseller dia dan dapat harga reseller tanpa harus belanja produk dulu ke mereka asal kita bisa melakukan pendekatan yang tepat. Belajarlah negosisasi, bisa baca baca di artikel tips negoisasi. Bisa melakukan dropship. Intinya anda kontak ke supplier, “Gan / Sis, saya minta ijin ambil foto produk dan keterangannya ya. Saya mau bantu Sis / Gan jualan produknya. Misal nanti laku, saya boleh minta harga resellernya ya”. Simpelnya begitu. Buktikan langsung dengan usaha memasarkan produk yang anda lakukan, nggak usah terlalu banyak tanya sama supplier. Supplier akan nyaman dengan kita ketika kita sudah kasih lihat dia kesunggungan kita bangun relasi bisnis dengan dia.
  3. Kalau adsense, bisa memulai adsense dengan youtube. Sangat simpel dan mudah. Tinggal riset di youtube, mau konten seperti apa yang mau kita buat (pasarnya yang lagi rame apa/ niche-nya apa), buat account youtube, upload materi video kita, setelah terupload kita aktifkan fitur youtube monetization-nya, habis itu sambungkan dengan account adsense, dan buat lagi video yang memungkinkan banyak orang melihatnya dan berpotensi viral. Detailnya memang ada beberapa topik yang dihindari agar kita tidak
  4. Atau mau langsung menjalankan bisnis Affiliasi. Anda bisa coba memasarkan produk produk yang memang sama pembuatnya, dia membuka sarana untuk orang menjalankan bisnis affiliasi. Salah satunya, autoresponder karya mas Fikry Fatullah yang fiturnya sungguh luar biasa lengkap. Produk autorespondernya anda bisa cek di sini.

Wah aslinya banyak sekali yang sekarang juga bisa anda lakukan :). Semakin lama anda berkecimpung, anda akan menemukan bisnis yang bagus untuk pemula jauh lebih banyak. Teman saya saja dulu awal bisnis online, dia makelaran produk Sedot WC. Dia kenal salah seorang pemilik tangki sedot wc, lalu dia jual jasanya secara online. Dia dapat komisi sekian persen ketika ada pesanan jasa sedot wc dari dirinya.

Jasa sedot WCnya dia pasarkan menggunakan salah satu strategi pemasaran online bernama SEO. Bagi yang belum tahu apa itu SEO saya sudah buatkan Ebook SEO, dengan judul SEO KULINER. Saya namakan SEO kuliner sebab didalamnya berisi studi kasus saya merangking kata kunci yang ‘bertemakan’ kuliner. Silakan download di: Ebook SEO KULINER. Kupasan tema SEO lainnya, juga sudah banyak di AnjrahWeb.com. Search aja.

Saya pikir sudah cukup banyak membuka pemahaman ya bagi teman teman. Realitanya, Bagi Pebisnis Online Pemula, kadang kita juga membutuhkan software buat memaksimalkan kinerja kita, saya sudah rangkum di halaman My Tools.  Kali bisa membantu juga bagimu meniti bisnis dan karir secara online.

Update!

Menampung sekaligus mengapresiasi masukan dari rekan rekan, utamanya yang ingin memulai take action melalukan pemasaran online, alhamdulillah nih anjrahweb sudah buatkan salah satu strategi pemasaran. Ya, dari hasil saya mengajar / workhsop lalu praktek saya pribadi. Banyak pemula lebih cepat terbantu memasarkan menggunakan youtube.

Pasalnya apa? Youtube lebih simpel, gampang dirangking (youtube milik google), dan juga hasilnya seringkali instan. Lebih panjang lebar saya jelaskan di :
Youtube is My Saleman - Tutorial Memasarkan Produk menggunakan youtube

Ini produk apa? produk terbaru Anjrahweb. Tutorial memasarkan produk menggunakan youtube. Simpel namun insyallah gampang dipahami dan dipraktekan. Bentuknya tutorial video, seakan saya langsung yang ajari anda di rumahmu sendiri. Beli sekarang juga? Cek aja di  Youtube is My Salesman

Diskusi berlanjut, bisa pesan saja ke saya ya melalui menu Contact Us.