Tutorial SEO

SEO alias seo search engine optimization merupakan tema penting yang selalu dicari bagi mereka yang mau blognya memiliki banyak pengunjung atau orang yang ingin toko onlinenya banyak yang membeli. Dari situ lahirlah banyak Ebook SEO, Tutorial SEO, Jasa SEO, Kursus SEO,sampai Aneka bentuk microjob yang membantu pekerjaan SEO anda.

Mendefinisikan SEO

Namun apa sih sebenarnya SEO? Itu ilmu yang dimiliki google? Siapa Penciptanya? ayuk kita diskusikan. Kalau mengacu definisi SEO yang Di buat oleh WIKIPEDIA, SEO adalah:

Search engine optimization (SEO) is the process of affecting the visibility of a website or a web page in a search engine’s “natural” or un-paid (“organic”) search results.

Terjemahan kasarnya, SEO merupakan proses yang memberikan dampak tingkat keterbacaan di hasil pencarian mesin pencari (baca: tinggi) bagi sebuah website atau web page di search engine secara ‘natural’ dan ‘tanpa mempergunakan biaya’ . Maksud tingkat keterbacaan tinggi itu apa? perhatikan gambar berikut:

Tutorial SEO Anjrah Web Memahami dan MEndalami SEO secara renyah dan Murah
Gambar 1 : Cuplikan Halaman Hasil Pencarian Google

Pada Gambar 1, katakanlah kita mencari informasi dengan mengetikkan kata kunci cara menanam jagung di google. Lalu kita klik tombol pencarian, maka akan tampak hasil seperti di atas (hasil pada saat saya ambil screenshot tentunya). Pertanyaanya:

  • Menurut anda, berdasar kebiasaan anda sendiri pada saat mencari informasi, website nomor berapa dari list yang muncul disitu yang kemungkinan anda klik? yap benar, biasanya ketika semua hasil pencariannya sudah relevan dengan kata kunci yang kita cari, kita akan mengklik list web kalau nggak yang paling pertama di atas, kedua, atau ketiga.
  • Biasanya kalau nggak perlu banget, mending ketik kata kunci baru daripada melihat list hasil pencarian yang bagian bawah, betul apa betul? umumnya lo. Apalagi sampai buka page hasil pencarian di 1,2,3,4,5 sampai oooooooo di googlenya habis 🙂

Nah, salah satu makna tingkat keterbacaan yang aku maksudkan di definisi di atas ya itu tadi.Memperbesar probabilitas pengguna google mengklik website kita. Semakin mungkin website kita di posisi hasil pencarian teratas di halaman hasil pencarian google, semakin besar pula orang mengklik dan membaca artikel yang kita sajikan.

Sudah nangkep sekarang? Maka nggak heran kan sampai detik ini orang berlomba lomba men-SEOkan websitenya, bahkan sampai habis milyaran rupiah ‘hanya demi’ websitenya bisa nangkring di halaman satu google sekaligus di puncak teratas hasil pencarian.

Sisi Positif dan Negatif SEO

Wah ternyata ada sisi positif dan negatif SEO ya? Iya benar, kalau kita menanamkan teknik SEO kepada website kita, website kita akan jauh lebih mudah dicari oleh orang, produk kita akan jauh lebih mudah ditemukan orang namun tetap ada sisi negatifnya. Beberapa diantaranya sudah dipaparkan di Support Area Webmastertoolnya Google.

Sisi Positif penggunaan SEO, ya jelas, karena SEO masuk Area Traffic Generation, maka akan mendatangkan banyak traffic / pengunjung ke websitemu. Kalau dalam konteks toko online, SEO akan membantu mendatangkan calon pembeli ke websitemu, perkara jadi beli atau tidak, itu sudah masuk sub bab bahasan Conversion. Bagaimana membuat pengunjung yang sudah datang ke website kita menjadi pembeli/ pelanggan produk anda.

Sisi negatifnya?

  • Bisa buang buang uang, kalau udah mahal-mahal bayar jasa SEO eh keywordnya salah. Bukan buying keyword yang memberikan probabilitas penjualan yang besar terhadap produkmu
  • Bisa bikin websitemu de-index sebab mempergunakan teknik teknik SEO ‘terlarang’ serta ‘melanggar’ guide line optimasi website dari google. De-index itu seperti apa? kondisi dimana tidak ditemukan satupun artikel yang dilist oleh google

Mengerikan ya? Iya memang. Maka kalau mau men-SEOkan website kita, atau mempergunakan JASA SEO harus kita minta mereka presentasikan dengan jelas dulu, metode apa yang dipakai. Salah salah, udah bayar mahal mahal menghabiskan waktu dan tenaga melakukan AMALAN SEO eh websitenya kena deindex.

Oke, sebagai Pembuka, kiranya cukup dulu, Kali waktu kita akan bahas alur Pikir MenSEOkan Website / Fanspage / Youtube/ Lapak Kaskus punya kita. Simak lanjutannya di sub bab TUTORIAL SEO ANJRAH WEB ya :).

Welcome Kak. Blog Ini, Sharing Ilmunya Pak Anjrah Untukmu. Supaya Kamu Lebih Cepat Sukses Dalam Belajar Internet Marketing & Berbisnis Online.