List 17 Software Pencari Kata Kunci untuk Riset Keyword Gratis untuk SEO

AnjrahWeb.Com – Kadang kita membutuhkan Software Pencari Kata Kunci / Riset Keyword Gratis untuk SEO kan website kita. Tidak selalunya sedikit sedikit mempergunakan Software SEO Berbayar.

Karena kuncinya, software gratispun asal kita tahu bagaimana cara mempergunakannya, dia sudah sangat – sangat powerfull.  Sebaliknya, mau pakai software berbayar semahal apapun, kalau basic-nya saja sudah tidak paham, tools mahal itupun sama sekali tidak berguna.

Maka, ayo kita pada kesempatan kali ini, fokus membahas rekomendasi software pencari keyword gratis yang bisa kita akses mempergunakan internet. Saya mengumpulkan listnya, agar rekan rekan bisa dengan mudah nanti mengaksesnya ya. Jadi bookmark saja ( ketik di keyboardmu tombol ctrl dan huruf D berbarengan).

Software Pencari Kata Kunci Gratis

Baik, kita mulai dari yang pertama, yang saya sendiri selalu menggunakannya. Apa itu?

1. Google Suggestion

Google suggestion adalah saran kata kata pencarian yang di tampilkan oleh google ketika kita ketikan kata tertentu di kolom pencarian google. Cara menggunakannya, masukan saja kata kunci tertentu, INGAT jangan terburu klik enter. Nantinya akan muncul saran kata kunci dari google.

Contohnya:

software pencari kata kunci gratis, software riset keyword gratis

Contoh Google Suggestion

 

Anda bisa lihat, kita baru saja mengetik kata “makanan kh ..” maka sudah muncul banyak kata kunci yang disarankan oleh google. Dari data di atas, kita bisa pahami, bahwa dari data google, secara kasar, kita tahu kata kunci “Makanan Khas Bali” berada di paling atas. Maknanya, kata kunci tersebut yang paling banyak dicari di google.

2. Google Related Search

Apakah anda memperhatikan, ada saran saran kata kunci yang ditampakan google pada bagian bawah hasil pencarian ketika anda mencari sesuatu? Itu namanya google related search. Cara menggunakannya, anda search saja sesuatu kata kunci tertentu, nanti google akan menampakannya di halaman google.

Mari perhatikan, misalnya kita melakukan pencarian dengan kata kunci “reseller sepatu wanita”, langsung cek ke bawah:

software untuk mencari kata kunci gratis

Google Related Keyword

 

Nah, lihatlah. Pada bagian bawah kita bisa menemukan kata kunci google yang tersembunyi. Bisa dapat delapan kata kunci yang bisa kita gunakan nanti guna melengkapi artikel yang mau kita SEOkan. Ayo, langsung di coba.

3. Google Trends

Beralamat di https://www.google.com/trends/explore, anda bisa mendapatkan kata kunci kata kunci yang lagi trend ( mencari keyword populer ) di google. Ajaibnya, melalui google trends, kita bisa mengamati kata kunci itu masih beneran bagus (artinya dipasaran grafiknya masih naik / stabil) atau sudah turun.

Google trend bisa memberikan datanya sangat lengkap sampai ke kota mana yang menjadi pusat orang mencari kata kunci yang sedang anda riset. Maka langsung saja, silakan buka google trends lalu anda buktikan sendiri.

cara mencari kata kunci dengan google trends software kata kunci gratis

Google Trends Keren

 

Misalnya pada kata kunci diatas, saya coba riset kata kunci tirai magnet. Ternyata masih sangat bagus grafiknya di bulan agustus 2016 ini. Saya lihat grafiknya masih terus naik. Jadi, secara data kasar, kita bisa lakukan ikutan masuk ke pasar ini. Masih laku lah insya Allah.

4. Software Kata Kunci Canggih Soovle.com

Software riset keyword gratis ini sangat unik. Karena dia langsung membantu anda mencari kata kunci dengan melakukan data banding ke beberapa situs lainnya. Tengoklah, dari google, wikipedia, answer.com, ebay, amazon, dan website lainnya.

Saya belum menemukan software gratisan yang sepowerfull ini untuk melakukan data banding yang luar biasa sampai ke beberapa website.

 

5. Google Keyword Planner ( GKP)

Hampir lupa, GKP alias Google Keyword Planner, jaman dulu namanya Google Keyword Tools juga seri dipakai untuk riset kata kunci di google. Anda harus memiliki akun Google dulu agar bisa menikmati software ini.

Akses saja di https://adwords.google.com/KeywordPlanner , nanti diminta memasukan username dan password. Masukan saja username dan password akun gmail anda.

Kalau belum punya akun gmail? Ya bikin saja akun Gmail.com. Gratis kok.

Google keyword planner ini mampu memberikan kita data:

  1. Estimasi sebuah kata kunci dalam sebulan yang mencari berapa banyak?
  2. Related / kata kunci yang berhubungan dengan keyword yang sedang kita cari
  3. Memilah kata kunci yang benar benar exact berdekatan dengan kata kunci kita / yang agak lebih bervariasi

Daaaan banyak lagi lainnya. Asal kita cermat membaca data yang disajikan, maka akan banyak sekali hal yang kita peroleh. GKP ini juga yang menjadi tempat dari software seperti long tail pro dan juga keyword research pro buat menentukan kata kunci bagi penggunannya.

6  KeywordShitter

Serrrrrrrrrring banget saya memakainya. Rahasia cara mencari keyword turunan yang paling sering saya pakai ya software ini. Akses saja di keywordshitter.com. Dia akan membantumu mendapatkan kata kunci yang sehubungan dengan sangat sangat cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Kalau boleh dikatakan (aslinya perlu dites lagi), keywordshitter ini mencari keyword yang tepat sesuai data yang ada di google suggestion dan google related keyword yang sudah disebutkan sebelumnya. Meskipun kalau saya katakan, kalau mau cari validnya data, ya langsung saja pakai google suggestion/ google autocomple yang ada di atas.

Kalau cari keyword untuk seo yang banyak dan cepat ya pakai keywordshitter ini. Istilah SEOnya, kalau mau dapat Long Tail Keyword yang banyak dan cepat juga pakai software gratis keywordshitter ini.

7. Google Webmaster Tools / Google Search Console  (GSC)

GSC hanya bisa dibuka menu menu didalamnya hanya jika website kita sebelumnya sudah didaftarkan didalamnya. Ada beberapa persyaratan tertentu agar data website kita nanti bisa digali lebih dalam melalui GSC. Repot dikit di awal, nggak apa apa. Tapi hasilnya, kita bisa menjawab pertanyaan:

  1. Bagaimana sih cara melihat pencarian terbanyak di google yang sampai ke website kita?
  2. Bagaimana mencari keyword yang banyak dicari dan pencarian itu sampai ke website kita
  3. Apa kata kunci yang kita sudah dapat rangking satu di google dengan data kelengkapan lainnya
  4. Kata kunci google yang tersembunyi yang dipakai customer hingga sampai ke website kita

Ah, ada banyak kata kunci yang bisa kita petik setelah kita membuka google search console.  Langsung saja daftarkan website anda ke https://www.google.com/webmasters/tools/ . Awal awal tentu belum ada data rekaman kata kunci yang masuk, namun berjalannya waktu anda akan mendapatkan tambang kata kunci yang banyak yang dihasilkan oleh GSC.

8. ALEXA

Ya , selama ini kita kenal Alexa hanya sebagai website yang menjadi ukuran seberapa besar traffic yang masuk ke sebuah website. Semakin langsing angka alexa-nya, maka website itu sudah dipastikan memiliki jumlah pengunjung yang besar. Langsing dimaksud bagaimana? Ya angka alexa-nya dibawah 100.

Dibalik itu, kita bisa mengamati, kira kira sebuah website itu mendapatkan banyak pengunjung dari kata kunci apa saja. Utamanya kalau kita mempergunakan fitur berbayarnya bernama Alexa Pro. Kalau kita sudah pakai Alexa Pro ini, data website orang bisa dengan sangat simpel kita amati kata kuncinya apa saja dengan satu dua klik tombol.

Pakai fasilitas gratisan alexa saja, pakai alexa biasa kita bisa amati apa saja kata kunci yang dipakai sebuah website. Dah akses saja http://alexa.com yang kini dimiliki oleh grup amazon.com-nya Jeff Bezos.

9. Bing Webmaster Tools

Pencari keyword ini sama kayak google search console. Hanya saja, kita nanti mendaftar di website Bing.com. Website kita juga harus didaftarkan serta diverifikasi dulu menggunakan bing. Anda jangan sepelekan bing, karena dari mesin pencari bing pun, ada banyak ‘website’ yang hidup dan menambang dolar.

Artinya apa, orang itu memiliki selera sendiri sendiri buat mencari data di internet. Ada yang pakai google, ada yang pakai bing, ada yang pakai misalnya duck duck go. Walau sih di indonesia tidak sepopuler di luar negeri si Bing ini.

10. Wikipedia

Orang biasanya melihat wikipedia sebagai sarana buat mencari definisi atau ya semacam ensiklopedia semata. Padahal, kalau anda bisa mengamati, justru di wikipedia-lah kita mendapati susunan LSI (Latent Semantic Indexing) yang sudah tersusun dengan rapi.

Jadi katakanlah di luar sana orang sedang sibuk mikir cara riset kata kunci yang benar, di Wikipedia sudah tersedia dengan struktur yang rapi. Karena wikipedia sudah memperkirakan dengan lengkap apa saja yang orang cari, kemudian orang itu cari apa lagi, seakan si wikipedia itu menyediakan segala sesuatunya.

Dan ketahuilah, struktur onpage yang ideal, jelas yang terbaik adalah struktur yang dibuat oleh Wikipedia. Test saja, dibanyak kata kunci, wikipedialah yang berada di paling atas sendiri.

11. hypersuggest.com + Ubbersuggest + Keywordtools.io

Layanan Hypersuggest membantu anda secara lintas platform menemukan kata kunci baik di google juga membantu anda mencari keyword youtube. Ya, youtube sendiir juga aslinya sangat bagus buat riset keyword. Youtube juga sudah ada youtube suggestion sebagaimana google.

Nah hypersuggest ini lintas website bisa memadukannya secara simpel. Ya boleh dikatakan point ke 11 ini kita masukan sekalian saudaranya bernama Ubbersuggest dan Keywordtools.io. Kenapa saya jadikan satu? pasalnya software pencari keyword ini, tiga tiganya memiliki genre yang sama. Coraknya mirip lah he he he. Jadi silakan anda pilih sendiri dan suka yang mana dari ketiganya insya Allah fungsinya mirip.

12. LSIgraph.com

Ya tadi sudah saya singgung sedikit bab LSI. Ini fokus cari LSInya,

13. Histats

Histats kita kenal sebagai software gratis untuk mengukur seberapa banyak pengunjung perhari dari website kita. Layaknya GSC, kalau website sudah dipasang histats, kita juga bisa buka dari menu yang ada di dalamnya, kata kunci – kata kunci apa yang membuat orang datang ke website kita. Kata kunci tersebut silakan diambil, lalu dijadikan artikel.

Maka website kita akan jauh lebih kaya dengan kata kunci unik yang ada di website kita. Orang banyak menyebut kata kunci unik seperti ini dengan istrilah Golden Keyword. Karena, kadang hanya dengan kata kunci aneh yang bisa jadi remeh, malah menjadikan website kita banjir pengunjung.

14. Google Analytics

Penjelasannya sama dengan histats dan GSC.

15. Plugin WordPress SEO searchterms tagging 2 / STT2

Plugin wordpress seo searchterms tagging 2 sudah lama di remove wordpress dari daftar list plugin resmi miliknya. Padahal secara fungsi, dia masih sangat powerfull guna merekam kata kunci apa yang sudah masuk ke website kita. Bagi anda yang menginginkannya, bisa Download Plugin SEO searchterms tagging 2 / STT2 KLIK DI SINI.

Panduan penggunaannya ya seperti plugin wordpress pada biasanya. Kalau pertama kali install suruh memasukan email, tapi abaikan saja. Nggak usah memasukan email juga jalan pluginnya.

16. Answerthepublic.com

Web unik urusan pencarian kata kunci. Saya nggak bisa cerita banyak, langsung coba saja.

17. Plugin Search Meter

Plugin ini merekam apa yang orang SEARCH di kolom SEARCH yang kita pasang di website wordpress kita. Bisa anda download di  https://wordpress.org/plugins/search-meter/. Cara pasang seperti biasa, install saja melalui menu plugins.

Kenapa plugin ini penting? Kita jadi tahu dengan sebenarnya, user / visitor website kita sebenarnya mencari apa kok sampai di web kita. Bahasa lainnya, user kan sudah sampai di web kita, dia search apa lagi dari sajian yang sudah kita berikan apa itu artikel / gambar / video atau jenis konten lainnya.

Kalau kita sudah dapat datanya, ya kita buatkan content baru dengan data yang kita ambil dari search meter.

Penutup

Wah, itulah tadi 17 Software Riset Keyword Gratis yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci. Anda bisa mempergunakan salah satu diantaranya, mengkombinasikan, atau bahkan bisa mempergunakan secara bergantian. Berjalannya waktu, bisa jadi ada temuan software lain, semoga nanti bisa anda infokan ke saya, atau saya akan langsung update di artikel ini.

Jangan sungkan sungkan komentar ya. Atau kirimi saya pesan melalui menu Contact Us berkaitan dengan apa yang sudah saya paparkan. Sebagian anda bisa jadi masih bingung, wajar sih. Atau kalau ada waktunya, mungkin saya bisa bantu buatkan Tutorial Riset Keywordnya ya. Anda ganti nanti biaya recordingnya he he he. Setuju? Siapa yang mau bisa komentar, kalau rame yang komentar biar segera saya wujudkan xi xi xi tutorial dalam format videonya.