anjrahweb.com – Kaget, pagi pagi buka whatsapp kok malah muncul notifikasi “Diblokir Untuk Menggunakan Whatsapp, Hubungi Dukungan Untuk Bantuan”. Kenapa ya ini? Apa yang terjadi? Bagaimana solusinya? Kok jadi nggak bisa buat whatsappan?

Oke, kita diskusikan dan bahas ya. Permasalahan akun whatsapp diblokir. Hal ini memang sangat meresahkan utamanya di pelaku bisnis online.

Semoga bisa membantu dan menjadi bahan solusi atas permasalahan whatsapp kita di blokir sehingga muncul tulisan tanda eror tersebut.

Kenapa Bisa Diblokir Untuk Menggunakan Whatsapp?

Whatsapp merupakan platform yang akhir akhir ini memang mengetatkan aturannya. Aturan itu dibuat tujuannya supaya pengguna whatsapp nyaman.

Pasalnya, nyebelin juga kalau whatsapp itu terlalu longgar. Ada banyak spammer mempergunakan whatsapp sebagai media promosi secara ngawur.

Solusi Diblokir Untuk Menggunakan Whatsapp, Hubungi Dukungan Untuk Bantuan?
Gambar 1: Notifikasi Whatsapp di Blokir

Kenal enggak, pernah interaksi enggak, dia ngebom chat whatsapp dengan software ke nomor whatsapp kita.

Sangat sangat meresahkan.

Maka, whatsapp demi melindungi privasi serta kenyamanan pengguna, manakala ada pemilik akun whatsapp melakukan aktivitas spamming, ya whatsapp akan memblokirnya.

Masalah blokir ini juga bisa lahir dari orang orang yang kamu whatsapp, mereka nggak suka, lalu mereka melakukan pelaporan ke whatsapp. Semakin banyak laporan negatif dari akun whatsappmu ke kantor pusat whatsapp, potensi besar whatsappmu bakalan di blokir.

Apa Penyebab Whatsapp Diblokir Sementara?

Selanjutnya, Kebanyakkan, orang orang ini adalah mereka yang maunya ambil jalan pintas.

Intinya, Dia beli data whatsapp, scrape nomor whatsapp dari grup grup whatsapp yang dia ikut, scrape data dari marketplace, scrape nomor whatsapp dari google maps, dan lain sebagainya.

Data whatsapp itu tidak secara legal dia dapatkan.

Maka, kalau kita pun mendapatkan data whatsapp dari cara cara ilegal tersebut, sangat potensi banget nomor whatsapp kita kelak akan mudah di banned kalau kita melakukan broadcast ke mereka.

Maka, sumber data kontak whatsapp ini penting ya. Jangan asal scrape jangan mau beli data nggak jelas.

Walaupun ya, data whatsapp yang kita dapatkan secara legal, yakni dengan cara beriklan pun kadang dibroadcast tetap aja bisa akun whatsapp kita terbanned.

….

Nah apa yang menyebabkan whatsapp di blokir sementara? Bagaimana agar tidak terjadi demikian?

Ketika ada masuk chat whatsapp ke CS toko kita, latih CS untuk berkomunikasi dengan baik dan meminta calon customer save kontak di HP dia.

“Kak sebelum lanjut ngobrol, boleh save dulu kontak kami, supaya ke depan misal komunikasi lanjutan sudah saling kenal. Simpan saja namannya khadijah dari olshop anjrahweb ya”, misal CSnya meminta gitu

Karena, kalau customer menyimpan nomor kita di HPnya, ini level aman pertama untuk kemudian bisa kita broadcast maupun chat follow up.

Mengapa demikian, perhatikan, chat masuk pertama ke whatsapp baru, tombol blokirnya gede banget:

cara mengatasi nomor whatsapp di banned terblokir yang di blokir
Gambar 2: Nyebelin Banget Tombol Blokirnya Gede di Atas Pula

Atau begini:

apa penyebab whatsapp diblokir sementara
Gambar 2: Tombol Blokirnya Besar

Kalau pakai tampilan whatsapp di HP kadang seperti ini:

apakah whatsapp yang diblokir bisa diaktifkan kembali
Gambar 3: tombol blokir gede

Perubahan tombol chat pertama tombol blokir demikian besar terjadi di akhir tahun 2023. Bisa dibayangkan, betapa kita sebagai pemasar sangat besar ter-ancam kena blokir jika tidak bisa handle chat whatsapp dengan baik.

Nah bayangkan kalau kita chat ke orang random tidak kita kenal, bukan dari hasil iklan, atau hasil yang kita kumpulin sendiri database whatsappnya. Bisa bisa banyak yang laporkan chat kita, kita di blokir banyak orang. Dan terjadilah akun kita dibanned sama whatsapp.

Apakah Whatsapp yang Diblokir Bisa Diaktifkan Kembali?

Sepanjang yang muncul bukan notifikasi blokir whatsapp secara permanen, insya Allah masih bisa dibuka kembali.

Saya ada pengalaman dan beberapa kali mengalami.

Ada yang tiba tiba ke blokir nggak jelas, ke blokir aja whatsapp tersebut.

Ada yang habis buat broadcast whatsapp, akun whatsapp diblokir karena spam, atau dianggap spam.

Lalu bagaimana cara mengembalikan whatsapp yang di blokir ?

Saya garis bawahi, ini tidak menjamin pasti nanti akunnya dibuka kembali, tapi dari beberapa kali saya mengalami intinya kita harus mengkontak langsung CS-nya whatsapp

….

Cara Terlepas Dari Blokiran Whatsapp

cara mengembalikan whatsapp yang di blokir cuman tiga langkah, dan ini resmi ya sesuai menu yang ada di whastsappnya.

  1. pastikan aktivitas broadcast / crm whatsappmu dari database yang legal ya
  2. mengakses bantuan ke CS-nya whatsapp pusat via menu bantuan (cek gambar 1 ada tulisan bantuan). Atau di titik 3 kanan atas juga nanti ada menu bantuannya. Dalam kondisi normal, buka saja menu pengaturan -> bantuan -> hubungi kami
  3. Tulis permintaan untuk di aktifkan whatsappnya. Misalnya bahasa permintaan reactivenya, “thank make my whatsapp number secure and save. please reactive again. this number is very important connected to my meta ads campaign”. Abis itu kirim, dah gitu aja.
  4. tunggu hasilnya

Ya semudah itu cara terlepas dari blokiran whatsapp. 

Menunggu hasil ini yang kadang tidak pasti.

Kadang 1x 24 jam sudah lepas dari blokiran, kadang 3 hari baru lepas blokiran.

Tips Cara Mengatasi Whatsapp Yang Di Blokir tidak Garansi Berhasil ya

Sekalilagi saya tidak bisa garansi pasti berhasil ya, sebab kadang juga kalau sudah akun whatsapp diblokir karena spam dan itu permanen, kita tak bisa apa apa.

Kalau saya sendiri pakai whatsapp ‘ranah wajar’ sehingga 3x banned terakhir bi idznillah bisa reactive lagi.

Tapi, saya dapat bocoran, cara mengatasi whatsapp diblokir permanen bagi nomor whatsapp yang sudah ter-intregasi bisnis manager meta ads akan jauh lebih mudah. Karena pada bisnis manager meta ads tertentu itu ada seperti meta pro consultant yang membantu kita.

Hanya ya, agar bisa dapat support khusus dari facebook seperti itu, konon harus beriklan $10.000 minimal per bulan. Atau bisa jaman sekarang itu sewa akun facebook whitelist (butuh bahasan khusus sih).

Sebagai penutup, whatsapp yang pernah kena blokir, sepengalaman saya dia mudah kena blokir lagi, jadi kalau ‘sudah diampuni’ jangan bandel ya. Nomor whatsapp hari ini jadi aset penting yang wajib kita jaga dengan baik.

Itu hasil pengalaman saya, ada yang mau tanya atau nambahin?

 

 

 

Coach Anjrah

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *