Kuliyah Webinariyah – Ilmu Lengkap Penyelenggaraan Webinar

by

Anjrahweb.Com sekarang membawakan tema berjudul, “Kuliyah Webinariyah, Cara Membuat Webinar, Cara Membikin Webinar Sendiri”. Anda tertarik menyimaknya? Yups, semoga ya. Webinar memang lagi trend, trendnya.

Bagaimana cara membuat webinar

Banyak orang baik personal maupun lembaga mempergunakan platform webinar sekarang ini. Pasalnya apa? lebih bisa berinteraksi langsung dengan customer segmennya. Interaaktif dan menjembatani ruang dan waktu.

Oke, Apa Itu Webinar?

Webinar adalah salah satu jenis aktivitas presentasi dengan memanfaatkan teknologi broadcasting online yang melibatkan presenter dengan peserta webinarnya. Biasanya memanfaatkan teknologi yang sudah disiapkan oleh google dengan nama Google Hangout.

Jaman dulu, ikutan seminar harus jauh jauh ke gedung seminar, kini koloran pun dirumah bisa nyimak ilmu bintang lima dari aneka pembicara top di bidangnya.

Kalau boleh diringkas sih, webinar menjembatani bagi siapapun yang ingin berbagi ide, produk, penawaran apapun. Biasanya, kalau mau membuat seminar, harus capek capek EO-nya sebar pamflet buat ajak orang datang secara fisik ke ruang seminar.

Kini, menyebar informasi bisa lewat sosial media, cara mengikuti webinar sesimpel buka laptop, daftar, lalu menyimak presentasi webinarnya.

Cara Kerja Webinar Bagaimana?

Ada beberapa langkah yang biasanya dilakukan sebelum webinar itu berlangsung, sama aja sih kalau kita mau bikin seminar dalam bentuk offline. Hanya kita tidak lagi harus menyiapkan kursi buat duduk, papan tulis, backdrop ruang seminar, kita hanya perlu menyiapkan software webinar dan webinarpun bisa dijalankan.

Berikut Langkah – Langkah  cara melakukan webinar (satu software webinar dengan lainnya biasanya mirip mirip aja) :

  1. Tentukan topik, bikin Term Of Reference buat pematerinya. Siapkan target conversinya (mau jualan apa, fokus kasih value apa, dan lain sebagainya).
  2. Kontak pematerinya, pastikan deal, kasih Term Of referencenya, durasi berapa lama dll.
  3. Jadwalkan kapan harus webinar di software webinarnya.
  4. Setup autoresponder, isi dengan pesan dan penjelasan mengenai webinar, cara ikut webinar, sampai setting autoresponder pengingat bagi calon pesertanya satu hari sebelum, bahkan 15 menit sebelum webinar berlangsung.
  5. Setup di software webinar, pastikan mau ada sesi reply atau tidak (reply harus ijin dulu ke pembicara). Lalu buat halaman registrasi webinarnya yang terintegrasi dengan autoresponder.
  6. Sounding ke peserta calon webinarnya, bisa lewat sosial media, website, maupun pakai media seperti broadcast pesan di BB. Suruh daftar webinar melalui halaman registrasi webinar yang sudah kita siapkan.
  7. Pas hari H, usahakan melakukan trial dulu. Boleh juga H-1 lakukan trial webinar agar pembicara familiar dengan cara menggunakan software webinar yang kita mau pakai. Bagaimana cara screen sharing menampilkan slide powerpoint yang ada di laptop pembicaranya, gimana keluar dari screen sharing, gimana membaca pertanyaan dalam menu chat dari peserta webinar dan sebagainya.
  8. Hari H acara anda bisa tentukan siapa pemandu, siapa yang jadi operatornya, sampai yang mengurus notulensi dari bahasan yang disampaikan. Agar menarik bisa dibuat kuis atau dikasih bahasa pengantar agar visitor bisa paham dengan materi yang disampaikan. Ingat, rule gimana tata cara pengunjung webinar tanya, waktu durasi presentasi juga harus di sepakati di awal webinar.
  9. Webinar berakhir, sampaikan terima kasih buat pemateri, peserta yang hadir. Lakukan plan followup materi lewat list email / sosial media / posting blog. Infokan dimana bisa lihat webinar replynya jika memang ada.

Cara Ikut Webinar Itu Bagaimana Sih?

Webinar ada free dan berbayar.

Kalau yang free, asal kita dapat link registrasi webinarnya / link dimana webinar disiarkan, kita bisa mengikuti webinarnya. Hanya ya kan kadang registrasi webinar itu link dimana disiarkannya disembunyikan, ya kitanya harus proaktif mencari tahu kapan dan dimana webinar akan dilaksanakan.

Kalau yang pakai sistem berbayar. Anda sebagai penyelenggara webinar harus membuat sistem administrasinya. Salah satunya bisa mempergunakan Wuoy Membership. Kalau posisi anda sebagai calon peserta, ya registrasi, bayar biayanya, baru anda dikirimi informasi dimana registrasi seminarnya.

Bagi anda yang sudah teregistrasi dalam webinar, biasanya mereka akan kirim notifikasi ke email anda ketika webinar sudah akan mulai. Ada yang disistem satu hari sebelumnya, 15 menit sebelumnya dan semacamnya. Masing masing penyelenggara punya pilihan tersendiri.

La bagaimana sih cara merekam webinar?

Biasanya. Penyelenggara webinarlah yang merekam jalannya webinar. Sudah ada fasilitasnya dalam software software webinar yang mereka gunakan. Jadi selepas webinar selesai kita bisa mendapatkan rekaman webinar tersebut.

Ya kan kadang tak semua peserta memperoleh koneksi yang bagus. Pas ada hujan, pas gangguan ISPnya. Saran saya, ketika anda bikin webinar ya disiapkan aja nanti ada rekaman webinar (replay webinarnya).

Kalau anda sendiri mau merekam webinarnya, ya siapkan aja perangkat perekam sendiri. Mungkin camtasia / MP3 recorder kalau hanya ingin merekam suaranya.

 

Apa Software Webinar yang sebaiknya digunakan?

Aslinya ada banyak ragam software webinar. Ringkasnya, kami informasikan 3 software webinar gratis dan berbayar supaya bisa jadi referensi bagi anda. Apa saja?

  1. Software Webinar Gratis yang tersedia setiap saat tanpa anda harus membayarnya kalau mau pakai ya Google Hangout. Ya kita pakai fasilitas video conference dari Google Hangout standar yang sudah disediakan.
  2. Webinar Fusion Pro seharga $47 one time paymen (sekali bayar, tinggal pakai berkali kali) selengkapnya harga / fitur/ dan lainnya AKSES DI SINI. Kuat menampung sekitar 1000 visitor dalam webinarnya. Cocok dipakai komunitas komunitas kecil, kelas private kecil secara online, atau presentasi dalam jumlah yang nggak terlalu banyak.
  3. Bagi yang ingin lebih kuat, lebih bisa nampung banyak orang saran kami pergunakan webinar jam studio seharga $397 per year. Pepatah jawanya, “rego nggowo rupo” lagi lagi terbukti. Harganya mantap, software webinar ini pun benar benar paling berkelas dan bagus saat ini. Anda yang tingkat kampus, perusahan, komunitas menengah jumlahnya, kami sarankan pakai webinar jam studio. Cek sendiri fitur, testimoni pemakai, serta value lainnya plus bisa dapat diskon 20 % AKSES LEWAT SINI.

    Kuliyah Webinariyah Cara Membuat Webinar Sendiri, Software Webinar Gratis Berbayar Terbaik
    Tampilan Webinar Pakai Webinar Jam

 

Nah, itu sudah Anjrahweb.Com berikan informasi pilihan yang bisa di coba. Kalau gratis ya kelemahannya, kitanya susah melakukan followup.

Padahal, webinar hanyalah sarana bagi kita, selaku internet marketer, menawarkan offer tertentu. Rugilah kita sudah capek capek menyiapkan segala sesuatunya, eh kitanya nggak bisa follow-upi para peserta webinar yang sudah datang.

Maka, saranku, gunakanlah software webinar yang berbayar agar database pengunjung webinarnya bisa diolah secara otomatis.

Alat dan sarana prasarana lain yang disiapkan untu membuat webinar?

Iya, secara lebih teknis lagi kalau anda ingin tahu apa saja yang bisa disiapkan supaya webinar bisa berjalan lancar yaitu:

  1. Koneksi internet yang cepat dan bagus. Ya kalau 10 Mbps lebih dari cukup hehe. Dibawah itu intinya asal lancar juga udah oke. Utamanya koneksi internet bagi presenternya. Parameternya, buat nyetel youtube ukuran 720 lancar gitu ajah hehe.
  2. Micropone / headset yang micnya lancar juga boleh. Mic tidak harus bagus dan mahal, penting tidak banyak noisenya lah. Kresak kresek begitu kan kasian yang nyimak.
  3. Laptop / komputer yang jelas disarankan ada kameranya. Kalau nggak ada kameranya bisa dibelikan kamera estended agar bisa menampilkan wajah presenternya.
  4. Modem cadangan. Ya kalau kalau koneksinya putus tiba tiba atau bagaimana intinya harus disiapkan. Pernah ada sesi webinarnya, hostnya malah diskonek akhirnya pematerinya berbicara tidak ada yang nemenin.
  5. Snack dan air minum jika diperlukan. Kadang kan webinar sesinya rata rata 90 menit ( 1 jam 30 menit).
  6. Power point / keynote buat bikin slide di webinarnya
  7. Autoresponder email. Paling bagus ya pakai Getresponse Kayaknya masih ada promo diskon 30 % nan, coba daftar dan beli service autorespondernya lewat LINK INI. Aku sendiri pakai ARPREACH.
  8. Hosting dan Domain kalau perlu buat menginformasikan rencana webinarnya termasuk offer yang ditawarkan. Misal webinar SEO, kita tawarkan produk Video tutorial SEO yang lebih lengkap. Bikin halaman webinarnya pakai plugin instabuilder, anda bisa cek fitur dan demo lengkapnya AKSES DI SINI.

Ya itulah paparan Kuliyah Webinariyah – Ilmu Lengkap Penyelenggaraan Webinar Sendiri yang bisa saya sharekan. Pegel juga lama lama ngetik hehe.

Semoga anda bisa paham bagaimana cara bikin webinar sendiri ya. Ya memang cara buat webinar itu di awal terkesan ribet, tetapi kalau sudah terbiasa menggunakannya pasti akan lebih simpel dan mudah. Blue printnya sudah saya kupas banyak di atas.

Beranilah mencoba ya. Jangan lupa, undang aku juga kalau selenggarain webinar haha. Ingat kasih rating, share, kasih komentar positif jika postingan saya ini bermanfaat ya. Makasih sob!

Topik Diskusi:
cara ikut webinar, tata cara ikut webinar