10 Persiapan Untuk Membuat Iklan di Facebook Ads Terpenting

Pagi gays, salam jumpa kembali di Anjrahweb.com. Pagi ini saya akan share 10 Persiapan Untuk Membuat Iklan di Facebook Ads Terpenting. Ya dikupas secara sederhana saja, semoga bisa membantu pemula yang sudah kebelet ingin belajar facebook ads.

Sebelum jauh melangkah, saya mau sampaikan, facebook ads merupakan SALAH SATU KANAL MARKETING SAJA di dunia online. Memang, ada banyak temen yang 100% hanya mempergunakan facebook sebagai kanal marketingnya, ada yang 30%, ada yang 10%, ada yang lebih kecil dari itu. Tidak mengapa, itu bebas saja.

Semuanya, harus dikembalikan ke MODEL BISNIS YANG DIPILIH mau seperti apa. Ya, tinggal disesuaikan saja.

Persiapan Untuk Membuat Iklan di Facebook Ads

Tidak berpanjang lebar, mari kita langsung sampaikan persiapan apa saja yang harus di tempuh agar lancar jaya proses ber-fb adsnya, antara lain:

  1. Menguasai Skill Desain. Gambar / Video merupakan materi iklan yang sangat penting dalam facebook ads. Pemilihan gambar yang tidak ‘marketable’ tidak bisa mendesain ‘yang cukup’ bisa menjadi momok gagalnya proyek facebook ads yang kita kembangkan. La kalau saya kurang paham desain, apa kudu belajar photoshop dan coreldraw dulu? Wa, saya nggak rekomendasikan. Simpel pakai saja software desain instan bernama CANVA (akses saja https://www.canva.com/ , register / signup di situ. Pakai sepuasnya desain fb adsnya disitu). Saya sendiri malah paling sering hanya memakai software gratis bernama Photoscape ( download photoscape di http://www.photoscape.org/ps/main/download.php ) sebagai alat pengolah gambar desain iklan fb adsnya. Paling ringkas kalau sudah kelas corporate, punyai karyawan bidang desain, ajari desain tema marketing, atau outsource ke ahlinya.
  2. Menguasai Bahasa Pemasaran. Pemasaran itu utamanya yang hard selling atau soft selling kuncinya adalah memberikan PENAWARAN, bukan PENGUMUMAN. Ada banyak orang yang niatnya mau MENJUAL malah ujung ujungnya SEKEDAR PENGUMUMAN saja. Mau contohnya? Buaaaanyaaaak :D. Bahasa pemasaran yang saya maksud, bagaimana kita bisa menjelaskan benefit produk dalam waktu singkat dan calon customer paham, lalu merayu dia agar langsung saat itu juga bertindak membeli. Jaman sekarang orang menyembutnya ilmu copywriting. Ah apalah arti sebuah sebutan, intinya bagaimana biar segera closing. Sampel contohnya, baca Cara membuat iklan menarik di facebook, Contoh copywriting di facebook, dan Contoh jualan baju di facebook ads.

    Persiapan untuk membuat iklan facebook ads
    Pilih pamflet 1 atau 2 yang lebih menarik??
  3. Paham di mana calon pembeli berkumpul. Anda pernah memancing? memancing yang asik menurut saya adalah memancing di kolam ikan, ikannya penuh, lapar, dan kita punya umpan yang pas. Bahasa kerennya paham target marketnya. Walau kita menguasai bahasa pemasaran yang hebat tapi tidak ditaruh di kolam yang pas, maka sama saja tidak mengefek ke penjualan. Maka, sebelum kita membuat iklan di facebook, rancanglah profiling target market yang mau kita garap. Kira kira, lokasi tempat tinggal dia ada dimana, mereka online pakai hp / laptop, mereka peduli sama topik apa di online, umurnya berapa dan sebagainya. Baru Siapkan promo iklannya.
  4. Punya Koneksi Internet. Saya sudah bahas di topik apa yang menyebabkan AME. Salah pilih koneksi juga bikin gagal iklan. Maka, pilih koneksi internet yang cukup stabil dan aman di tempat saya mengiklankan produk. Simpel bagi saya, pakai saja modem yang 4G (jaman sekarang kan serba LTE 4G tuh). Kartunya biasanya yang bagus smartfren, telkomsel 4G, dan Indosat Oredoo 4G. Tiap lokasi kadang beda beda. La apakah tidak boleh pakai speedy, biznet, myrepublik dan ISP lain? Ya kalau anda di kota, beruntung bisa punya koneksi dewa seperti itu, monggoh saja :). Saya tidak rekomendasikan kartu tree karena report dari beberapa orang, IP Address dia sudah di blacklist dari fb ads (walau buat buka fb lancar aja).
  5. Pakailah Laptop. Yes, laptop kita install browser chrome Download Klik Di sini. Kena chrome? fiturnya bisa nantinya buat membuka dashboard iklan dengan baik. Apa tidak bisa pakai Notebook? Jawab: aslinya bukan urusan laptop atau notebooknya sih, penting cepat buat proses data data. Minimal pergunakan laptop/notebook/komputer dengan RAM 4GB. Kalau RAM 2GB udah lemot banget jaman sekarang. Tidak harus baru, saya sendiri untuk keperluan online karyawan beli laptop second build up jenis LENOVO THINKPAD. Harga 3 jutaan di tokopedia sudah RAM 4GB, sudah cukup baik performanya. Pastikan laptop anda bersih dari virus, juga browsernya bersihkan dari berbagai aplikasi gak jelas yang ‘bisa mencuri data data dari laptop anda’. Cek saja browser yang anda pakai sekarang, apa aja isi extension / add onnya?
  6. Kamera yang Cukup buat foto barang. Ya, kamera sangat vital jaman sekarang. Jualan online yang pertama jelas produk harus bagus, tapi yang lebih bagus adalah bagaimana mendisplay juga secara bagus di online. Maka kamera sangat vital. Nggak harus punya, punya kenalan yang kameranya oke dan bisa dipinjam, atau suruh dia motoin kita lalu ajak makan mie ayam bakso pak bambang aja kadang dah beres. Wakakkakaka. Rekomendasi saya, Hp Android dengan kamera 10 MP ke atas. Edit pakai aplikasi SnapSeed dari playstore juga dah keren.
  7. Siapkan proses bisnis lain secara umum. Yes. Ingat saya katakan di atas, facebook hanya bagian kecil dalam bisnis. Siapakan betul bagaimana nanti pengirimannya. VALUE utama bisnis dan produknya. Siapkan pelayanannya. Siapakan customer relationshipnya mau diarahkan kemana? Line kah, fb kah? Kontak form kah? Whatsapp kah? BBM kah? dan sebagainya (bila perlu pakai software manajemen kontak Whatsapp Telegram Facebook dan lainnya bermama FRANZ, download FRANZ DI SINI). Siapkan betul elemen elemen ini agar nggak mubadzir fb adsmu.
  8. Siapkan Payment Source Pembayaran Iklan Facebook. Karena kita pakai jurus facebook berbayar, otomatis kita akan melakukan pembayaran keluar negeri. Dulu, hanya pakai kartu kredit atau paypal. Tapi, sekarang, saya sendiri membergunakan KARTU DEBIT MANDIRI VERIFIED BY VISA (harus diaktifkan melalui CS mandirinya, kadang perlu ganti kartu dan rekening baru), KARTU DEBIT BANK PERMATA, dan KONON DEBIT BANK MEGA. Saya mengajar facebook ads, saya sarankan pakai kartu bank permata dan mandiri. Kalau belum punya, segera buatlah :).
  9. BACA dan PAHAMI T.O.S Iklan facebook.  Sebelum terlanjur nih, bacalah TATA TERTIB PERIKLANAN facebook. Silakan dibaca di ADVERTISING POLICIES. Wah gan, bahasa inggris nih isinya? Halah gitu aja kok nyerah, copas aja masukan google translate kan beres rebes bossss :D.  He he he. Persiapan kesembilan ini juga menjawab mengapa sampai saya membuat artikel AWAS JANGAN SAMPAI 20% TEXT GAMBAR.
  10. Paham ilmu Web ‘sedikit’. Tidak harus banyak. Penting Anda bisa membuat halaman penjualan yang teroptimasi tombol sekalik klik invite line, whatsapp, dan bbm memakai THEME SALESPRO. Bisa membuat website toko online mempergunakan Theme Toko Online, maka sudah beres. Biasanya, kita bisa melakukan penjualan dari facebook ads ke Whatsapp, BBM, LINE langsung atau seperti web web besar yang mengarahkan facebook ads itu ke website toko onlinenya sendiri.

Sepertinya itu saja. Kalau mau advance, Persiapan Untuk Membuat Iklan di Facebook Ads -nya maka harus belajar ilmu tracking 😀 serta software alat bantu facebook lainnya.

KUNCI IKLAN FACEBOOK BERBAYAR

Karena, Ketika semua itu sudah disiapkan Anda bisa:

  1. Membuat materi iklan berupa Gambar / Video iklan yang bagus
  2. Merancang kata kata penawaran iklan yang membius dan membuat pembeli gatal order sekarang juga
  3. Bisa meramu targeting ini iklan mau diarahkan ke mana

Pembahasannya tiga point itu bagaimana pak? Waaah, panjang kali lebar kali tinggi :D.

Ya gitu deh. Semoga ada manfaat yang bisa dipetik. Ada pertanyaan? atau mau menambahkan, jangan sungkan ya sharekan apa persiapan untuk membuat iklan di facebook yang penting menurutmu di kolom komentar di bawah. Ilmu yang dibagi, akan Allah tambah. So jangan ragu dan sungkan buat sharing ya.

2 Comments

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *