Cara Setting SEO Pada WordPress dengan Coding di Tag WordPressnya

Daripada hilang lagi dari peredaran, agaknya Sharing Cara Settiing SEO pada WordPress dengan coding tag wordpress dari mas Khoirul Anwar perlu saya dokumentasikan di Anjrahweb.Com. Pasalnya penting juga bagi temen temen yang lain yang memiliki masalah berkaitan dengan fungsi tag wordpress. As you know, tag wordpress bisa memicu pinalty google dengan alasan duplicate content.

Tutorial Cara Setting SEO Pada WordPress dengan Coding di Tag WordPressnya
Coding SEO pada WordPress

Maka, agar tidak bermasalah, bisa juga dengan melakukan sedikit modifikasi pada theme, supaya hasil tag yang muncul di google bisa lebih unik. Kutipan penjelasannya kurang lebih sebagai berikut:

Penggunaan Tag pada sebuah artikel adalah sebuah senjata yang sangat mematikan. Entah itu mematikan blog lawan di serp atau mematikan blog kita sendiri di serp.

Alasannya cukup simple, banyak orang yang sebenernya hanya ikut2an aja. Hanya karena MASTAH make, juga ikut2an make. Padahal MASTAH punya trik khusus biar gak kena semprit google.

Masalah yang di hadapi terutama di blog wordpress adalah secara default tidak terdapat meta description dan canonical URL pada tag, akibatnya sudah tentu sangat jelas, akan terjadi duplicate pada beberapa tag.

Solusi:
Pada dasarnya untuk kasus meta description dan cononical URL dapat diatasi dgn plugin All in one seo pack atau sebagainya. Tapi untuk urusan meta description, masak iya kita harus edit satu per satu di setiap tag? yang ada ya capek bin gempor karena dalam satu post aja minimal ada 1-2 tag biasanya.

Jadi gimana?
Kalau mau simple, tinggal edit aja di themes yang di pake di bagian header.php bisa ditaruh di bawahnya tag <title>
Scriptnya seperti ini

<?php if (is_tag()) { ?>
<meta name=”description” content=”Kumpulan Berita Terbaru Tentang <?php wp_title( ‘di’, true, ‘right’ ); ?>.” />
<?php } ?>

Script ini hanya fungsinya hanya untuk menampilkan meta description di halaman tag.

Script di atas juga bisa di gunakan untuk menampilkan meta description di category atau page, bahkan di halaman artikel sekalipun. Namun di perlukan pemahaman tentang function wordpress sebelum melakukan otak atik.

Sekian, jika bermanfaat silahkan di like & share

Nah demikianlah ilmu SEO, sedikit yang bisa kita serap dan kita praktekan. Do with your own risk, pastikan misal mau edit kode kode dalaman anda sudah siapkan backup, supaya pas eror bisa dikembalikan ke posisi yang dikehendaki. SELENGKAPNYA mengenai SEO, Mampir di TUTORIAL SEO ANJRAHWEB. Woke gan, semoga bermanfaat.

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *