Categories
Jurus

10 Langkah Kunci Cara Menulis Sales Letter Yang Baik untuk Landing Page

Anjrahweb.com – Pagi yang cerah, akan saya mulai dengan membagikan ilmu Cara Menulis Sales Letter Yang Baik. Sales letter adalah (dalam bahasa sederhana) ya kata kata yang disusun dengan sistematika tertentu yang memungkinkan tingkat penjualan terbaik bagi sesiapa saja yang membacanya.

Biasanya sales letter ini digunakan dalam konteks orang mengirim email, tetapi kalau disini saya generalkan, ya artikel juga bisa berposisi sebagai sales letter kalau blognya memang difokuskan untuk berjualan.

So, sepakat tidak sepakat, kita disini sepakati ya definisi meluas sales letter itu sendiri ya. Minimal selama anda berada di AnjrahWeb.com atau membaca artikel singkat ini hehehehee. Oya, sales letter biasanya di susun di sebuah halaman penjualan bernama landing page. Mau tidak setujupun, lah ini blog saya hehe, bebas saya menulis apapun menyesuaikan apa yang saya pahami. Bisa jadi suatu hari berubah, saya update / saya ganti. Woke? 😀 penting sharing ya.

Lalu apa nih 10 langkah kunci menulis salesletter yang baik?

Ya kita akan paparkan.

Secara umum sih komponen dari sales letter itu hanya ada 3, apa itu?

  • Introduction = ya pengenalan dikit dan membangun report
  • Body Copy= isi penawarannya apa
  • Conclusion = kesimpulan

Itu aja? Iyes.

Penjelasan Struktur Pembuatan Salespage

Nah yang sepuluh jurus ini penjabaran lebih detail yang bisa semakin memperkuat salesletter anda supaya konversi penjualannya bagus. Dilebih rincikan, lebih disistematisasikan. Ilmu ini yang ngajarin suhu mastah Agan Khalid aslinya hehe, tapi saya modif. Yuk pelajari Apa saja 10 kunci itu?

  1. Headline: Headline dari sebuah salesletter harus memiliki kekuatan agar dia memancing attention sekaligus bisa menjelaskan manfaat utama penawaran jasa / produk kita yang singkat padat jelas kepada calon customer.  Ringkasnya, dalam headline ini customer harus tahu apa manfaat terbesar bagi dirinya ketika mempergunakan sesuatu yang kita tawarkan. Detailnya? baca bab jurus headline lengkap.
  2. Introduction. Setelah seseorang tersentak / tertarik minatnya / ada perhatian dari membaca headline yang kita tulis, nah disini kita mulai melakukan pengenalan sosok siapa kita? apa latar belakang kita. Misalnya dalam halaman penjualan produk saya PANDUANCPANEL.NET dan VPSMANIA.INFO saya tulis disitu saya seorang internet marketer bla bla bla. Ya menyesuaikan produk yang mau kita jual :). Ini proses awal membangun good report kalau dalam dunia salesman secara umum.

    Langkah Cara Menulus Sales Letter Yang baik Untuk Landing page
    Ilmu Salesletter
  3. Bangun Proxymity. Orang akan lebih mudah ‘takluk’ ketika dia merasa bahwa anda sebagai penjual mengerti banget dengan dirinya. Agan khalid menyebutkan buatlah point point iyes. Maksudnya apaan? sederhananya gini, kita sampaikan bahwa kita punya masalah yang sama. Sesuaikan dengan topik, kalau jualan pelangsing anda bisa katakan dulu anda juga tidak percaya diri dengan keadaan badan yang gendut gitu. Kalau anda jualan produk mencerdaskan anak sampaikan aja, dulu anak susah menghafal pelajaran. Temukan masalah masalah yang sudah anda prediksi ada dalam benak target market anda.
  4. Mulai Ajukan Solusi. Mulai sisipkan dalam bawah sadar target market mengenai solusi yang bisa ditempuh. Mungkin beli ebook, ikut pelatihan, meminum herbal A, B, C atau lainnya. Misal, “alhamdulillah saya temukan produk … , sehingga saya bisa …”. Ya macam kalau temen temen lihat itulah di DRTV / Iklan spot di TV yang jualan paket kombo panci sama pisau dapur sama apa lagi, pasti ada bagian ‘AHA MOMENT SESEORANG NEMU PRODUK KEREN’ yang membabat habis masalah masalah yang kita paparkan saat bangun proxymity dipoint ke 3.
  5. Paparkan Komposisi produk yang di ramu dengan Benefit produk. Bukan fitur aja. Kadang orang hanya sampaikan, produk yang saya jual fiturnya ini dan itu. Fokus ke bahasa benefit / manfaat yang bisa dirincikan kepada customer, misalnya “panduan belajar online ini berisi 10 Video Tutorial Full HD sehingga anda nyaman belajar serta jelas melihat paparan pematerinya”.
  6. Jelaskan harga. Rumus harga pergunakanlah ilmu penentuan harga yang secara psikologis membuat kesan tidak terlalu mahal, tetapi juga tidak membuat dia rugi. Itu alasannya kalau ahli internet marketing kadang menampilkan harga di lapak lain. Misalnya harga di sana sini di screenshot segini dan segitu. Kalau di sini di kasih harga Coret segini baru di kasih harga SEBENARNYA. Atau memainkan harga dengan sistem tab, yaitu dibuat 3 harga, harga lisensi single, lisensi pembelian 10, lisensi pembelian unlimitied. Angkanya juga dibuat angka cantik, misalnya $ 17, $ 27, sampai $ 97. Dirimu lihat harga di mall mall, cenderung angka bulat atau dibuat ‘kesan harga masih ada kembalian?”. Alih alih nulis Rp 1000.000,00 mereka menulis harga Rp 999.999,00. Ada kembalian Rp 1,00. Walau aneh, but it’s work :D. Daripada harga $ 100, lebih manjur harga $ 97,00.
  7. PASANG CALL TO ACTION. tombol beli sekarang, buy now, subscribe now, atau semacamnya. Artinya, setelah seseorang kita arahkan dengan penawaran yang tidak bisa dia tolak, emosi dia kan sudah guncang tuh, langsung kasih tombol untuk melakukan pembelian. Bisa tombol itu di linkan ke paypal, form order umumnya, atau strategi lain yang intinya langsung bantu calon customer melakukan transaksi.
  8. Kasih GARANSI. Kalau dirimu pernah baca bukunya tung desem waringin yang marketing revolution, dikenal disitu bahasan menenai bagaimana memberikan penawaran terbaik, nah garansi ini diperlukan guna membongkar resistensi pembeli. Iya dia sudah yakin ini keren, tetapi kan masih ada kemugkinan kali produknya nanti tidak cocok buat dirinya atau tidak berjalan normal sepenuhnya. Maka pecahkan keraguan disini dengan memberikan garansi uang kembali. Misalnya begitu.
  9. Tambahkan bonus. Ya orang suka dengan membeli produk dengan harga sedikit tapi VALUENYA besar. Dia suka merasa di untungkan dibuat merasa dia menang dibanding penjualnya. Maka kasihlah bonus yang related yang bisa jadi harganya murah yang bisa kita gunakan sebagai pemuas ‘rasa keserakahan / rasa ingin menang’ pembeli. Bisa ebook, produk lain yang related, jelas harus sesuai dengan penawaran utama kita. Tulis juga nilai dari bonus ini, bonus senilai $ 3000, isinya apa saja.
  10. Lakukan Recap. Tulis pengulangan lagi, totalan Value + Bonus berapa, kasih Harga dan CALL TO ACTION lagi.

Tambahan penting dalam pembuatan salesletter

Tambahan dari 10 di atas yang menurut saya penting disampaikan pula, harus ada  Disclaimer. Saya merasa penting menambahkan point disclaimer di bagian salesletter meski ditulis kecil pada bagian bawah sendiri misalnya. Apa tujuannya? ya kita sudah berusaha memberikan jurus terbaik yang bisa kita sharekan, namun tetap ada faktor diluar kontrol kita yang menjadikan customer bisa jadi tak meraih hasil sebagaimana yang kita paparkan di salesletter itu.

Fairnya ya tetap kita tulis disclaimer yang intinya hasil yang dicapai juga tetap dipengaruhi oleh customer mau praktekan saran yang sudah kita jelaskan dalam produk atau tidak dan sebagainya.

Lalu anda juga bisa tambahakan sedikit FAQ (kayak tanya jawab singkat) mengenai hal hal yang mungkin sering ditanyakan berkaitan dengan penawaran kita. Misal, apakah ini produk nanti cara minumnya, cara downloadnya, halaman OTO kalau mungkin ada dan semacamnya.

Konstruksi urutan diatas juga bagus ketika anda pakai guna membuat artikel biasa di blog. Sebab prinsip prinsipnya sangat psikologis. Jadi artikel penjualan di blog akan lebih eye catching serta konversinya bagus. Tinggal call to actionya dirubah jadi nomor HP / kontak whatsapp / BBM atau semacamnya.

Nggak dibuat tulisan pun, Kalau presentasi, kalau ngomong ,kalau jualan dengan struktur di atas, juga insya Allah super manjur konversinya. Wah, sudah super lengkap ya, iyaps, semoga paparan mengenai bagaimana menyusun salesletter penjualan yang bagus bisa memperbaiki konversi anda. Selamat mencoba, diskusi di comment area ya. Dishare ke orang yang anda sayang artikel ini boleh boleh saja.

3 Produk yang Biasa saya Pakai untuk OPTIMASI Landing Page

  • Theme menggunakan Themenya Mas Gian, Akses Di sini. Hampir semua theme dia bisa untuk bikin landing page
  • Themenya Sean Don Hue. Akses Di Sini. Saya melihat marketer besar dunia pakai theme dia untuk jualan di JVZOO dll
  • Pluginnya Suzanna. Akses Di sini. Plugin wordpress paling simpel, mudah di utak atik dan sangat lengkap fiturnya

Theme mas gian bayar pakai rupiah bisa, selainnya pake kartu kredit / paypal. Saya lebih suka invest pada produk produk yang bagus daripada utak atik lama, capek doang. Pakai template dan plugin yang proven menghemat 80 % energi dan capekmu.

Update. Saya nemu, materi video pembelajaran struktur salesletter dari om Mame, Salah seorang pakar urusan ginian di indonesia. Silakan langsung nonton di bawah ini, diskusi berlanjut, ayo diskusikan ke area komentar.

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”OridzEOzYCk”][/youtube]

Coach Anjrah

By Coach Anjrah

Seorang Ayah, Blogger, Coach, dan Pebisnis yang cinta Bagaimana Membangun Sistem yang memungkinkan Rejeki Berkah Berlimpah di Antar Ke Rumah :).

2 replies on “10 Langkah Kunci Cara Menulis Sales Letter Yang Baik untuk Landing Page”

Saya pernah belajar menulis salesletter tak lama dulu. Memang betul seperti yang tuan ajarkan. Dalam headline perlu ada keunikan supaya ia akan menarik minat prospek untuk meneruskan pembacaan. Bonus pula ditambah supaya meningkatkan peluang closed sale, selain letak tarik luput supaya ada sense of buying urgency. Tq for sharing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *