Metode PAZ Maryam sempat viral beberapa waktu lalu. Metode ini dikenalkan oleh ustadz Haris Moedjahid Rahimahullah, sosok peneliti pengobatan alamiah yang juga founder PAZ Al Kasaw. Saat ini saya sedang ingin sekali menulisnya. Ini ilmu luar biasa untuk umat.

Metode PAZ Maryam ini lahir sebagai wujud kepedulian kepada model persalinan normal di masa depan.  Dimana beliau sendiri mengalami ‘hal yang kurang mengenakkan’ dari proses kelahiran yang diberikan kepada istri dan dua anak beliau puluhan tahun silam.

Di satu sisi, Ilmu persalinan maryam paz ini insya Allah juga lahir sebagai solusi untuk jadikan seorang ibu bisa melahirkan dengan lebih nyaman, mengatasi aneka penyulit penyulit kehamilan, yang jelas menjadikan bayi itu sendiri lahir jauh dari trauma persalinan.

Seperti apa sih konsep paz maryam?

Sebelum berbicara jauh mengenai Gerakan PAZ Maryam seperti apa, maka perlu kami berikan lebih dulu ruang lingkup dari paz maryam ini.

Tentu dipahami bersama bahwa paz maryam lahir dari PAZ Al Kasaw.

PAZ Al Kasaw sendiri merupakan konsep kehidupan / lifestyle gaya sehat yang bukan sekedar ilmu terapi pengobatan saja.

Maksud gaya sehat PAZ bagaimana? 

PAZ Al kasaw sendiri mencakup tentang bagaimana merubah perilaku yang ‘tidak baik’ menuju ‘perilaku yang lebih baik’. Parameter baik dan tidak baik ini dalam bingkai Al Qur’an dan As Sunnah.

Di PAZ Al Kasaw di tekankan bagaimana kita bisa hidup sehat dengan empat tanpa:

  1. Tanpa operasi
  2. Tanpa obat
  3. Tanpa alat
  4. Tanpa jimat

Ya, hidup sehat ideal yang benar benar sehat terwujud empat tanpa ini dengan menerapkan ilmu paz dalam keseharian.

persalinan maryam paz video paz maryam
Gambar 1: Mini Seminar PAZ Maryam Khusus Paztrooper

Kita harus sepakat, Bukanlah dikatakan sehat kok masih minum obat setiap hari. Bukanlah dikatakan sehat kok dibadannya dipasang alat alat canggih buat bisa makan. Badan sehat ya bebas mau makan apapun, bukan suruh membatasi makan ini dan itu ‘agar tetap sehat’, kalau masih dibatasi artinya masih sakit dong.

Konsep gaya sehat paz al Kasaw juga merubah pola olahraga, dari olahraga olahraga yang memungkinkan menjadikan badan terpelintir / bermasalah. Dirumah menjadi olahraga sunnah yang menyehatkan seperti berkuda, memanah, dan berenang.

Haaaa, ibu hamil disuruh berkuda? La ya, ndak papa, di trisemester kedua boleh berkuda. Tentu bukan posisi berkuda cepat, naik kuda aja jalan biasa. Guna menyelaraskan pinggul dan melenturkan tulang belakang. Asik Lo.

Ilmu PAZ lainnya, merubah pula kebiasaan kebiasaan yang berpotensi merusak badan. Pola duduk yang tidak sesuai dengan problem badan, cara tidur, cara berjalan, bahkan cara dia dalam kebiasaannya bekerja.

Bahkan kebiasaan dalam menggendong anak / menyusui ketika tidak seimbang, juga berpotensi wajib dibenahi.

Maka, Membicarakan Metode PAZ Maryam, Tak Bisa Lepas dari Belajar Induk Ilmunya

Akan keliru manakala membahas ilmu paz maryam ini hanya sekedar saat menjelang persalinannya saja.

Memahami metode paz maryam bahkan bila perlu sudah harus dari promilnya. Saat belum hamil.

Jarang orang mengetahui bahwa ketika pernah jatuh terduduk, pernah kecelakaan, pernah terpeleset yang tumpuan berbasis tulang belakang dan tidak di kalibrasi maka menyebabkan masalah di kemudian hari. Bagi wanita, bisa nyambung sampai sulitnya dia kelak melakukan persalinan.

Ada pasien datang dulunya pernah kecelakaan, ternyata pinggulnya geser, tidak di posisi idealnya. Maka ketika dibenarkan di posisi idealnya, pasien tersebut kemudian keluhan haid hilang bonusnya impiannya segera hamil bisa terwujud.

metode paz maryam gerakan paz maryam persalinan maryam paz
Gambar 2: Testimoni PAZ Maryam, Anestesi Alami

Bayangkan ketika masih dalam posisi pinggul yang geser, posisi masih syaraf terjepit pasien ini jalani promil atau kehamilan, bisa diprediksi ketika melahirkan pun akan alami kesulitan tersendiri

Konsep PAZ maryam, memperbaiki sejak dini. Bahkan sebelum hamil. Di cek ulang menyeluruh atau basis keluhan hariannya apa, diperbaiki, agar jangan sampai ketika hamil dia masih memiliki keluhan yang sama.

Pada ibu ibu yang pernah Cesar, ingin VBAC  atau VBA2C dengan paz maryam. Ibu tersebut juga harus mensharekan apa keluhannya ketika dulu sampai direkomendasikan cesar kepada paztrooper atau bidan yang sudah belajar paz maryam .

Misal, dicesar sebab pinggul sempit. Maka pinggul sempit ini diperbaiki dulu dengan ilmu PAZ Al kasaw basic. Misal dicesar sebab bayi posisi melintang, maka paztrooper nantinya akan menganalisis permasalahan dari situ.

Metode PAZ Maryam & Gerakan PAZ Maryam Bukan Menjelang Persalinan Saja

Maka, kalau bicara persalinan paz maryam mengapa alhamdulillah sudah banyak laporan bisa:

  • Lahiran mak prucut, dengan gembira dalam posisi berdiri / setengah jongkok
  • Lahiran seperti Bab saja bahkan tanpa mengejan
  • Lahiran tanpa harus ada ‘obras jahitan’ dan robekan
  • Lahiran bisa langsung segar, tak perlu bed res lama, malah langsung bisa jalan pipis biasa ke kamar mandi
  • Bagaimana konsep anestesi alami yang terjadi saat menggunakan gerakan paz maryam
  • Sampai kaidah perawatan tali pusat guna mencegah bayi kuning / bayi biru di paz maryam

Hasil lahiran yang meluncur indah dengan tanpa drama serta membuat ketagihan ini dari proses yang panjang.

kaidah perawatan tali pusar paz blur
Gambar 3: Kaidah Rawatan Tali Pusat

Ibu yang mau hamil benar benar dipersiapkan secara matang. Kerangka badan, pinggul, tulang belakang, semuanya disiapkan. Mau hamil perdana, kedua ketiga, harus ibarat mobil itu di spooring dan balancing dulu.

Lah kalau sudah terlanjur hamil dan atau bahkan mendekati kelahiran? Ya bismillah saja di ikhtiarkan semaksimal mungkin. Memang tak dipungkiri ada beberapa yang sudah lewat HPL malah ketika datang ke bidan bidan yang sudah belajar paz maryam.

Alhamdulillah bahkan beberapa diantaranya VBAC bisa terbantu lahiran normal dengan baik.

Yuk sama sama berdoa, pengengambangan ilmu PAZ maryam ini semakin baik. Paztrooper juga jumlahnya semakin banyak. Bidan paz maryam juga semakin merata agar bisa membantu para ibu lahir normal, sehat, lancar, tanpa drama, adek bayinya juga sehat wal afiat

Eh bagaimana sih cara mempelajari ilmu PAZ Maryam?

Owalah lupa.

Bagaimana sih cara mempelajari metode paz maryam?

Caranya harus menempuh pendidikan dasar dasar ilmu PAZ Al Kasaw (Kelas Basic PAZ Al Kasaw). Lalu kemudian mengambil spesialisasi kursus PAZ Maryam. Ilmu paz al kasaw di khususkan bagi muslim dan muslimah ya.

Belajar ilmu basic paz, bisa cek di jadwal kelas basic paz al kasaw di sini. Setelah basic lanjut paz maryam. Syukur bisa meneruskan pula kaidah perawatan anak serta balita dalam metode paz bernama kelas babypaz.

Di babypaz akan kita kenal kaidah bedong paz, bedong yang di re-engginering ustadz Haris kaidahnya. Hasilnya? luar biasa, utk perawatan kesehatan bayi dan balita luar biasa secara ilmu biomekanik paz al kasaw.

Lalu, Apakah sama Persalinan Maryam dengan PAZ Maryam?

Tambahan sedikit, Ada yang sering keliru antara istilah persalinan maryam dan paz maryam. Ini dua brand yang berbeda.

Agar lebih lengkap, bisa simak saja video penjelasan yang telah dibuat:

Sekali lagi, BASICNYA Ilmu PAZ AL KASAW wajib dipahami. Sebab ‘kekuatan maksimal dari paz maryam’ ada di basic ilmunya ini.

Dalam prakteknya, setelah belajar itu, anda yang seorang bidan / dokter kandungan bisa kolaborasi dengan paztrooper atau doula paz maryam (paztrooper yang sudah menempuh pendidikan paz basic dan paz maryam tapi non medis) ketika ingin membantu umat dengan ilmu paz maryam

Paztroopernya membetulkan kondisi badan secara ilmu basic. Ibu bidan/ dokter kandungan dari mempersiapkan persalinannya. Mantap betul.

Anjrah Susanto, Penggiat PAZ Al Kasaw Pusat

Disclaimer: succes rate dari persalinan maryam tidak semuanya sama. pengalaman satu dan lain kelahiran dipengaruhi oleh banyak faktor. alhamdulillah ketika kerjasama sama baik ibu memang sedari awal di paz dengan baik kemudian dibimbing jurus paz maryam dengan tepat, bisa lahir lancar, normal, tanpa drama, tanpa jahitan.

 

Coach Anjrah

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published.