Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula di UNY [Bocoran Materinya]

Posted on

AnjrahWeb.com – Kemarin, 7 November 2015. Saya di undang oleh Himpunan mahasiswa pendidikan luar sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta diminta Sharing Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula di UNY / Universitas Negeri Yogyakarta.

Saya kebetulan di tempatkan sebagai pemateri kedua. Di duetkan sama tokoh penggerak kampung blogger mastah Sumbodo Malik yang saya juga sudah kenal baik sebelumnya.

Apa yang saya sampaikan paling awal dan utamanya bukanlah pemilihan ekspedisi yang mana, kendala yang biasa muncul apa, teknik closingnya bagaimana, bagaimana memilih nama toko onlinenya, namun yang jauh jauh lebih esensial dari semua itu.

Awal saya sampaikan ialah motor penggerak yang menjadikan business owner akan tetap stay di bisnisnya, akan tetap mengembangkan bisnisnya jauh semakin baik, juga akan menjadi kunci survivalnya menghadapi persaingan bisnis yang kadang demikian ‘butuh ditabah tabahkan’.

Mau tahu apa itu? Penasaran apa yang menjadi kuncinya?

Cara Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula UNY di Universitas Negeri Yogyakarta
Seminar Wirausaha UNY 7 Nopember 2015

 

Kuncinya, Bisnis owner harus tahu betul atas alasan apa dirinya membangun bisnis online shop. Apakah sekedar karena ingin mengisi waktu luang, ikut ikutan temen, agar terkesan punya bisnis, supaya terkesan up to date, serta banyak alasan lainnya. Tanpa TAHU ALASAN KUAT mengapa dirinya berbisnis online, mengapa dia harus sukses berbisnis online, biasanya usahanya nggak lama.

Nah, qadarullah, Kebanyakan dari audience yang saya tanya waktu seminar menjawab dengan alasan alasan yang kurang kuat. Sebagian besarnya bahkan menjawab ingin mendapatkan uang semata. Nah ketika bisnis tujuannya untuk mencari uang ini berpotensi masalah. Uang hanya sekedar sarana bukan tujuan akhir dari sebuah bisnis. Kalau sudah terkumpul menggunung, uang itu mau untuk apa INILAH yang lebih ESENSIAL.

Lalu jawabannya apa pak Anjrah?

Secara sederhana rumusnya bisa di kupas melalui contoh kategori berikut:

  1. Ciptakan tujuan yang bernuansa religiusitas. Simpelnya, saya berbisnis karena saya ingin membahagiakan kedua orang tua saya yang kini sudah berumur sekian sekian. Ortu saya ingin berhaji, sedang saya tahu bahwa berbisnis yang lebih memungkinkan saya bisa bersegera membantu mewujudkan beliau berdua berangkat haji. Bisa juga religiusitas lain untuk diri sendiri / keluarga / masyarakat. Ingin lebih mudah beribadah shalat lima waktunya terjaga dan sebagainya.
  2. Secara sosial. Saya berbisnis karena saya terpanggil. Disekitar saya banyak pengangguran dan banyak keluarga yang kekurangan. Bisnis saya membantu orang disekitar saya jadi lebih mandiri lebih bisa mencukupi kebutuhan keluarga mereka sekaligus membangun kehidupan bermasyarakat jadi lebih baik. Mau lebih bisa membantu pesantren / rumah anak yatim atau semacamnya yang ada disekitar yang serba kekurangan sampai nanti jadi mandiri.
  3. Berkaitan dengan nilai dan value diri. Misalnya, anda orang yang kreatif. Ingin ketika membangun usaha batas kreatifitas yang biasa didapatkan selama bekerja dulu, bisa dibongkar. Jadi dia berbisnis karena value seorang pebisnis itu freedom. Bisa juga ingin lebih banyak membaktikan umur bersama anak dan istri lebih banyak atau lainnya.

Aslinya banyak, hanya selanjutnya saya berikan saja cluenya buat anda untuk merumuskan apa sih TUJUAN ANDA MEMILIH berbisnis membangun toko online atau bisnis secara umum. Cluenya ialah tanyakan dalam diri, lalu nanti tulis di kertas cari 10 jawaban.

“Bila hidup saya ideal, bila bisnis saya ideal, saya ………………………………………………..”

Ingat, pertanyaan saya diatas mengacu pada ketika segala sesuatunya sudah ideal. Bisnisnya, kehidupan keluarga, anak anak, segala sesuatunya dalam hidup SUDAH IDEAL. Apa yang mau anda kerjakan? Ini menggunakan prinsip think from the end yang sudah dikupas dalam buku seven habits stephen covey yang melegenda itu.

Sisi penting dari tahu tujuan esensial itu …

Selain sebagai booster energi tetap berwirausaha dan istiqomah dalam wirausahanya. Kita menemukan tujuan esensial mengapa berbisnis juga akan menjadikan hidup kita lebih banyak fokus pada mendapatkan apa yang kita inginkan. Kadang dalam hidup, kita lebih banyak berfokus pada apa yang kita hindari atau benci.

Tujuan esensial mengapa berbisnis juga dikenal dengan purpose of life, strong way, dan semacamnya

Padahal dalam ilmu psikologi sudah banyak orang kenal what you focus on will grow. Apa yang menjadi fokusmu bakal terus bertumbuh dan berkembang. Kalau fokusnya pada mengindari penderitaan saja, ya hanya ketemu begitu begitu saja. Kalau fokus pada menciptakan kebahagiaan, ketentraman hidup, atau bahkan kebermanfaatan buat bersama. Insya Allah itu juga yang akan didekatkan.

Woke, mantap gan? Silakan dirumuskan. Jauh jauh hari. Tulis di buku catatanmu. Syukuri apa yang menjadi tujuanmu itu, persisten, fokus, kejar yang menjadi tujuan itu lalu lihat 5 – 10 tahun yang akan datang. Semoga bocoran materi dari seminar cara membuat usaha toko online kemarin hari bisa menginspirasi anda.

Jangan lupa kalau sudah dirumuskan, sharekan di kolom komentar ya. Semoga terkabul dan banyak orang yang membantu mengaminkan. Woke? 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *