8 Teknik Dasar Melakukan Negosiasi Bisnis Frans Pekasa

AnjrahWeb.Com – Maestro bisnis online indonesia sekaligus RAJANYA eksport mebel indonesia pak Frans Pekasa sharing 8 Teknik Dasar Melakukan Negosiasi Bisnis. Materi negoisasi milyaran dolar yang sudah terbukti membuat rekening om Frans Banjir duit. Mau tahu? Yuk di simak:

Teknik Negosiasi Dalam Bisnis

Om Frans Saat Dapat Penghargaan Oleh SBY

Salah satu materi yg dibahas (sebetulnya ada banyak Teknik, tp yg paling umum dipake cm 8). Ini buat temen2 yg ga sempet hadir pas acara kumpul2 hari minggu kemaren di Mesjid At Taqwa. Selain kmrn kita sempet bikin simulasi/ contoh kasus, praktek langsung ilmu negosiasi, cara menggali informasi, sampe cara duduk, cara bicara, apa yg boleh dan tdk boleh dilakukan dlm negosisasi, dll

1. Teknik Good Cop / Bad Cop
Teknik ini adalah teknik paling dasar dg menampilkan tokoh baik dan tokoh jahat.
Ex. Tokoh jahat akan berbuat onar dan meninggalkan negosiasi, sedang tokoh baik akan datang dan menawarkan jalan keluar.

2. Teknik Lowball / Highball
Memberikan penawaran yg jauh di atas / di bawah yg seharusnya. Namun kalau terlalu extreme, teknik ini dapat menyebabkan orang langsung lari meninggalkan negosiasi
Ex. Harga barang 10jt, kita menawar 1jt. Langsung dilempar kalkulator dech sm penjualnya. hihihi

3. Teknik Bogey
Teknik negosiasi yg menggunakan issue / hal2 yg tdk penting menjadi isu/ hal yg penting. Isue yg tidak penting ini dapat ditukar dgn isue /hal2 yg penting atau bernilai.
Ex. Kita bilang tdk suka bentuknya, ga cocok warnanya, terlalu besar/ kecil, dll. Atau bisa jg dg pura2 tersinggung dg ucapan lawan dan membuat lawan merasa bersalah.

4. Teknik Nibble
Teknik menawar barang yg sudah ditawar. Meminta tambahan hal2 kecil yg mendekatkan dg goal kita.
Ex. Kita sdh menawar rumah ketika hampir jadi, kita minta biaya pajak2 ditanggung, minta tambahan furniture/ Ac, bonus. dll

5. Teknik Intimidation / Bully
Teknik Intimidasi ini digunakan utk negosiasi yg berat sebelah. Memainkan emosi dg membuat rasa takut, merasa terancam dan bersalah. dll sehingga lawan mengambil keputusan secara tidak objective.
Ex. Mengirimkan org yg mengganggu, meneror, membuat tidak nyaman, dll. Atau bias juga dg menyatakan bahwa kita punya beberapa alternative lain, kl lawan tdk bersedia dg kita.

6. Teknik Aggressive Behavior
Teknik ini serupa dg teknik intimidasi namun lebih menekan. Teknik ini banyak digunakan utk negosiasi yg cepat dan efektif. Memaksa lawan untuk segera mengambil keputusan. Menawarkan harga terbaik yg bisa dia berikan pd awal2 negosiasi. Termasuk did lm nya adlh teknik “take-it-or-leave-it”
Ex. Langsung datang menawar harga mati nya, minta besok harus deal. Kemudian kita memberikan penawaran terakhir. Mengirim orang2 bayangan yg menawar dg lebih buruk dari tawaran kita, dll

7. Teknik Wolf in Sheep clothing
Disebut sbg serigala berbulu domba, yaitu teknik negosiasi yg menggunakan penyamaran sehingga kita seolah2 sama sepaham/ segolongan /sepandangan dg lawan kita.
Ex. Kita berpura2 sehobby dg lawan, kita bersahabat dg saudara/ sahabat2 dia, memiliki guru spiritual yg sama, dll

8. Teknik Snow Job
Atau biasa disebut dg hujan informasi. Informasi yg salah dapat membuat keputusan yg salah. Taknik ini biasanya melibatkan orang ketiga / perantara /penghubung / maklar /informan palsu yang meyebabkan lawan menjadi terpengaruh / salah dalam mengambil keputusan. Biasanya saya menyebut teknik ini sbg teknik Suntikan anjing gila.
Ex. Cukup jelas hehehee

Keren sekali ya, Semoga penjelasan dan Contoh Negosiasi Bisnis. Walaupun formatnya masih dalam bentuk contoh negoisasi singkat, semoga bisa memberikan pencerahan bagi temen temen sekalian. Kalau materi ini bermanfaat, share di facebook, gplus, atau twittermu.

Tags:
Panduan Cpanel Ratakan

Bagi dong pendapat positifmu Mengenai Topik Di Atas