Belajar Bersama Pembuatan Server Berbekal Linuxnya Digital Ocean

Anjrah Web – Beberapa hari yang lalu saya sudah mengupas bagaimana cara membeli layanan server di Digital Ocean. Alhamdulillah, pada beberapa kesempatan selanjutnya, temen temen yang tergabung dalam komunitas facebook publisher klaten menggelar pelatihan bagaimana menginstall server sampai bikin blog berbasis wordpress menggunakan layanan VPS Cloud Hosting Digital Ocean itu.

Pada hari pertama tanggal 11 November 2013, Pematerinya mas Wono mengajari langkah langkah bagaimana menginstall Nginx, MySql, sampai wordpress di VPS kita. Sarana yang digunakan menggunakan software Putty, lalu langkah demi langkah dipandu sampai teman teman berhasil menginstallnya.

Aku sebenarnya pengen sekali membuat video cara menginstall itu, hanya saja, belum sempat nih waktunya, semoga bisa saya buatkan videonya lalu kita bisa tonton melalui Youtube.

Hari kedua, rencananya 19 November 2013 nanti. Tema bahasannya kembali remidi bagi temen temen yang masih kurang mantap, lalu ditambah bagaimana melakukan add on domain termasuk setting email di server. Add on domain penting sekali sebab kalau kita memakai VPS itu kan sangat luas kapasitasnya. Kalau hanya dipakai satu domain apalagi traffic pengunjungnya masih sedikit, sangat eman eman. Maka perlu daripada sayang kapasitas besar hanya dipakai sedikit, kita coba optimalkan dengan penambahan beberapa domain lainnya.

Ya, ini sekedar catatan kecil dari aku, suatu hari kiranya bisa jadi bukti sejarah pernah belajar bareng pemrograman kecil kecilan. Formatnya ini mirip homeschooling, belajar bareng, isinya ada yang sudah bapak bapak, ada yang sudah mas mas. Wakaka, penting semangatnya sama, semangat Belajar Bersama Pembuatan Server Berbekal Linuxnya Digital Ocean. Bagi yang belum punya akun di digital ocean, bisa cek lebih jauh DI SINI.

UPDATE AGUSTUS 2014 Bagi temen temen yang serius belajar VPS, saya sudah membuatkan panduan lengkap dalam bentuk video dan PDF. Anda bisa beli di toko produk digital saya di sini. Insha Allah salah satu fasilitasnya, saya pandu temen temen sampai bisa melakukan instalasi sampai bisa mengonlinekan blog atau tokonya bermesin wordpress (sebagai contoh aja).

Tags:
Panduan Cpanel Ratakan

Bagi dong pendapat positifmu Mengenai Topik Di Atas