Cerita Pengalaman Pribadi di Bulan Ramadhan yang Sekarang ini..

Posted on

Anjrah Web – Ya, saya sharekan cerita pengalaman pribadi di bulan ramadhan yang sangat menarik. Ya walau ini masih ada sisa 10 hari, namun dikasih rejeki dengan banyak hal di bulan ramadhan yang sekarang membuat saya benar benar bersyukur.

Pertama, kesempatan untuk belajar memanah. Ya, belajar berkuda sudah beberapa kali saya postingkan di AnjrahWeb.com juga sih, uniknya sekarang ‘naik kelas’ bagaimana bisa memanah sambil berkuda. Sebuah aktivitas yang selama ini hanya saya lihat di game Stronghold Crusader atau Age of Empires II Expansion The Conquerors, kini bisa belajar langsung sendiri.

Video Latihan Berkuda dan Memanah

Mau lihat seperti apa kegiatannya? Bisa disimak videonya kurang lebih seperti berikut ini:

Di video, salah satu rekan bernama mas Edo sedang berlatih. Lalu kemudian aslinya bergantian terus dengan rekan rekan lain yang berasal dari banyak kota di jawa tengah. Ini kita berlatih belajar berkuda dan memanahnya di stabel Kampus Kuda Klaten yang berlokasi di belakang Ponpes Ibnu Abbas Klaten. Khusus belajar memanah, belajar memanah objek bergerak seperti video berikut:

Pada video di atas, kita bisa saksikan. Ada orang yang melemparkan target dari karet, lalu rame rame teman teman memanahnya. Memanah target begini aja sudah lumayan sulit loh he he he. Apalagi benar benar bertempur di area perang yang sebenarnya. Butuh kecermatan, membaca timing yang tepat, dan memang skill yang terus dilatih.

Target capaiannya menghidupkan Sunnah Nabi. Salah satu ajaran dalam islam dikenal dengan Furussiyah. Paling banyak dibahas di kitab Imam Ibnu Qayyim Al jauziyah. Di katakan dalam kitab itu bahwa kunci keberhasilan kaum muslimin dalam dulu, selain kekuatan bayan (ilmu syariah) mereka juga kuat dalam ilmu Furusiyyah gini. Maka, sampe dikatakan barangsiapa meninggalkan belajar ilmu furusiyyah dia dikatakan bermaksiat.

Sedikit tambahan berkaitan dengan ilmu memanah:

cerita pengalaman pribadi di bulan ramadhan belajar memanah berkuda
Masih Pemula Gaan

Rukun Memanah Menurut Kitab-kitab Panahan Peradaban Islam:
1. Kecepatan
2. Ketepatan
3. Kekuatan
4. Keselamatan
Semuanya harus ada dalam setiap tembakan anak panah.

Versi kitab lain, Rukun ( Arkan ) memanah antara lain:
1. Ketepatan ( mengana sasaran )
2. Jarak ( kebolehan memanah seberapa jauh yang mampu )
3. Tangkas ( memnah dengan pantas )
4. Kekuatan ( panahan yang berkesan keatas sasaran

Dalam kitab “Ghynayat Ar Ramiy… Al Ashrafi mencadangkan rukun ke 5 yaitu keselamatan pemanah

Maksudnya apa itu rukun rukun? Ya semacam rukun shalat lah. Bagaimana agar panahan kita berkualitas, hendaknya memperhatikan rukun rukun tersebut.

Belajar Bahasa Arab Metode Excel di Ma’had Al Hanif Buntalan Klaten

Kayak langit itu ‘memiliki’ rencana sendiri. Sudah lama saya ingin sekali bisa memperdalam nahwu, sharaf, dan ilmu bahasa arab secara umum. Eh, alhamdulillah dibulan ramadhan ini Allah perjumpakan dengan rekan yang semangat belajar sekaligus dapat guru yang memang pandai dalam mengajar ilmu bahasa arab.

Walau terus terang, belajar apapun ada kesulitan kesulitannya, tapi insyallah kalau kita mau tekun, kita bisa menguasainya.

Itu sih barang kali point poitn pengalaman pribadi yang menyenangkan di bulan ramadhan di tahun ini, Alhamdulillah untuk segala sesuatunya ya Rabb.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *