Oleh Oleh dari Scale Up Bisnis Forum Coach ‘Grounded’ Dr Imam El Fahmi

Posted on

AnjrahWeb.Com – Yaps, ndak berpanjang lebar di pembukaan. Kamis – Jumat, 7 -8 Januari 2016 kemarin alhamdulillah diberi kesempatan untuk bisa hadir di salah satu forum paling keren awal tahun, forum scale up yang diselenggarakan oleh The Indonesian Board of Grounded Business Coaching-nya Dr Imam El Fahmi Malang. Kamu mau tahu oleh olehnya apa?

Mau aja apa mau beneran? Okeh Ya sip.

Aku akan sharekan sedikit isi Scale Up Business Forum (forum lanjutan dari kelas coaching ini). Forum yang isinya full bahas Bagaimana Langkah Scale Up Bisnis termasuk ‘jurus kaca diri’ mengukur apakah bisnis kita sudah layak, siap, memenuhi persyaratan untuk discale up atau belum. Sebab, jangan keliru, bisnis yang merasa bagus pun kalau di ukur, belum tentu siap di scale up.

Scaling up forum Malang Dr Imam El Fahmi,Cara Scaling Up Bisnis

Belajar Scaling Up Business Dari Apple

Beliau menceritakan bahwa Apple membutuhkan ‘persiapan’ selama 25 tahun baru siap serta mampu scaling up bisnisnya. Di usia yang sudah sangat matang model bisnisnya. Di tengah segala sesuatunya memang sudah disiap di scale up.

Coach DR Imam Elfahmi menjadikan apple, starbuck, kebab turki sebagai study kasusnya.

Ringkasnya, siapapun bisnis yang mau sukses scale up, dia akan melewati tiga tahap:

  1. establish preconditions for scaling up
  2. manage the scaling up process
  3. operating at scale

Semasa Establish preconditions for scaling up, apple melakukan tiga hal secara gila gilaan dari rentang tahun 1976 – 2001:

  • Increasing Capability
  • Exploiting Network
  • Harnessing Resources

Sehingga nantinya ketika sudah di tahap implementasi proses scaling up, bisnis itu nggak akan kehabisan napas. Pasalnya, proses scaling up benar benar nantinya akan menguras stamina orang orang yang terlibat didalamnya.

Tak jarang, harus ada modifikasi dan tetap menjaga kekuatan dari organisasi, leadership yang tak kenal waktu, serta mata yang terus jeli men-track performance bisnis bahkan harus benar benar tepat memanfaatkan momentum yang ada.

Jangan sampai, niat scaling up, tanpa persiapan, nantinya terjadi kehancuran seperti kisah testing awal awal pesawat siluman SR 72 milik amerika. Anda sudah dengar kisahnya?

Kisah Gagalnya Coba Terbang Pesawat Siluman SR 72

scaling up adalah,cara melakukan scaling up bisnis yang benar
SR 72 Pesawat Siluman Tercepat Supersonic Anti Radar Amerika

 

Saya menyaksikan uraian pesawat SR 72 ini ketika menunggu bapak saya pas opname. Kebetulan ada channel discovery di kamar. Ada tayangan itu. Di kisahkan suatu hari presiden amerika meminta dibuatkan pewawat pengintai yang jauh lebih hemat, jauh lebih cepat, dan antiradar.

Maka dirancanglah SR 72 ini.

Singkatnya sampai sudah jadi,

pesawat siap uji coba terbang.

Nah pada waktu sesi awal percobaan. Iya benar, pesawat ini benar benar scaling up dari pesawat-pesawat sebelumnya. SR 72 bisa terbang di area supersonic yang lebih cepat 2 x dari kecepatan suara.

Hanya, apa yang terjadi? di kecepatan supersonic itu satu demi satu badan pesawat lepas (basa jawanya: mreteheli). Mesinnya pun mati, pesawat tidak bisa dikendalikan. Pilot dan awaknya pun memutuskan keluar dari pesawat, sayangnya sang pilot selamat, sang awak lehernya patah ketika mencoba keluar dari pesawat yang sangaaat cepat turun ke bumi.

Bahan renungannya bagi kita, apakah kita inginkan hal demikian itu? merasa ‘bisnisnya sudah siap’ di scale up? tanpa paham 40 indikator bisnis siap scale up meliputi bidang people-nya, strategy-nya, execution-nya,dan cash-nya. Nekad melakukan scale up yang mengakibatkan bisnia anda remuk berkeping keping?

Testimoni saya ketika ikut hari pertama:

Pagi. Kawan kawan…
Alhamdulillah, sueger tenan nih dibatu.
Ditempat pakdhe coach Ario.

 

Hasil ngobrol dengan temen temen ber-6 di sini,
Sama. Paling berkesan tools mengukur ‘bisnis kita sendiri’ yang meliputi cash, strategy, execution, people.

 

40 point yg bener bener bakalan insya Allah membuat qt mampu mendiagnosis, betapa masih terlalu sotoy kita selama ini.

 

Bisnis rumangsane sudah idel, ternyata masih jauh dari superideal. Jadi nampak ternyata buat jd bisnis yg berkelas dunia, PRnya terlalu banyak!!!!

 

Inilah yg kemarin sy curhatkan ke master coach, ” jadi coach grounded itu bikin menderita… “…

 

Menderita kenapa? Jadi nggak bisa santai santai. Tahu banyak yg harus terus diperbaiki. Menderita melihat bobroknya usaha kita.

 

Apa lagi tools tools scale up ini. Rumangsane bisnis kita dah siap ngebut, jebulnya… Elemen elemen buat ngebut masih jauh dr ideal.

 

Ini mirip kisah amerika saat membangun pesawat siluman pengintainya.

 

Pesawat ini benar berhasil nembus dua kali kecepatan suara. Tapi apa yg terjadi? Di kecepatan supersonik itu bodi pesawat mreteli satu demi satu dan berujung musibah bagi pilotnya….

 

Temen teme mau kayak gt? Nggak? Abaikan ilmu scale up. Thank Coach Fahmi! .. Super menyakitkan, tp men-sumringahkan!

Informasinya mengenai workshop ginian kapan ada lagi dan lain lain? Silakan anda kontak Henny Nurhandayani | 085 646 732 123 Pin BBM: 5744 1749. Bilang aja, informasinya dari Anjrahweb.Com, lumayan jika dapat diskon :D. Pastinya, Scale Up forum hanya buat alumni coach grounded.

2 thoughts on “Oleh Oleh dari Scale Up Bisnis Forum Coach ‘Grounded’ Dr Imam El Fahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *