Solusi Mengatasi Hardisk Macbook Air Penuh / Macbook Pro Penuh

Posted on

AnjrahWeb.Com – Saya akan sharing 2 software yang menjadi Solusi Mengatasi Hardisk Macbook Air Penuh / Macbook Pro Penuh. Ya tanpa diperhatikan dikit dikit lama lama jadi bukit. Itulah yang terjadi juga pada saya.

Tak terasa, ketika saya sedang melakukan rekaman tutorial menggunakan camtasia, eh berhenti ditengah jalan. Akhiranya recording harus diulang dari awal.

Solusi paling praktis buat mengatasi hardisk yang penuh di macbook aslinya ya dengan meningkatkan kapasitas ruangan hardisknya. Misal awalnya 250 GB, kita tingkatkan jadi 500an GB. Tapi jelas ini mahal jadinya.

Maka, solusi yang saya tempuh adalah dengan memetakan, file file yang ada dalam laptop macbook saya. mana file yang bikin penuh, saya pindah ke hardisk eksternal / sebagiannya saya hapus. So, hardisk saya jadi jauh jauh lebih lega.

2 Software yang saya pakai untuk Mengatasi Hardisk Macbook Penuh

Kalau kita mencari file file sendiri secara manual, mana yang file besar mana file kecil itu jelas memakan waktu. Biasanya yang membuat hardisk laptop cepat penuh :

  1. File video, film film. Baik itu dari film yang kita tonton sebelumnya, atau video yang berasal dari HP / kita record pakai camcador gitu.
  2. Software game game yang memakan tempat
  3. File foto-foto resolusi tinggi dari kamera dslr kita / hp terbaru
  4. Aneka file lain yang bisa jadi sepele malah membuat hardisk jadi penuh

Kalau sudah terlihat mana file yang bikin penuh, segera hapus / pindah ke hardisk eksternal. Kalau belum ya mau tidak mau kita analisa ulang mempergunakan dua software yang kinerjanya saling melengkapi. Apa saja itu?

A. Disk Inventory X, Software gratis dari http://www.derlien.com/

solusi mengatasi hardisk macbook air penuh macbook pro penuh

Anda bisa lihat pada software di atas, isi hardisk itu isinya langsung terbaca. Folder apa total isinya berapa dan sebagainya. Lalu dari situ kita bisa memutuskan, mau hapus atau bagaimana. Kalau di mac menunya dipilih foldernya / klik kanan, nanti move to trash. Harap hati hati dalam menghapus ya, anda bertanggung jawab atas isi file anda sendiri.

B.Dupe Guru, Software gratis dari https://www.hardcoded.net/dupeguru/

software untuk mencari file yang duplikat dalam hardisk macbook kita

Anda cermati, pada software ini kita bisa menemukan file file yang duplikat. Buat apa kalau hardisk penuh dengan file yang isinya sama. Maka ya kita pilih saja, atau cermati. Awas, ini dupeguru melihat kayaknya hanya dari besaran filenya, maka silakan bisa anda preview dulu kalau mau menghapus.

Alur kerja menggunakan dua software di atas:

  1. Kita cari tahu adakah file file yang duplicate. Kadang kita sudah save di folder apa, eh ternyata ada juga di folder apa. Kadang kita suka simpan simpan sehingga terjadi file duplikat yang memakan banyak tempat. Maka dicari, hapus file yang dobel dobel pakai DupeGuru.
  2. Analisa, file file apa yang membuat hardisk mac kita penuh. Nanti kalau sudah ketemu, anda bisa pindah filenya, atau dihapus saja. Saya biasa mengecek, kadang kalau filenya sudah tidak begitu penting ya di hapus. Kalau masih berguna, kita pindah saja ke hardisk eksternal. Saya ada hardisk eksternal spacenya 500 GB. Ya yang murah murah saja.

Hasil melakukan dua langkah tersebut, Ruang hardisk saya jadi lebih legaaaaa lagi. Lumayan bisa berkurang banyak. Prinsip, file yang jarang digunakan, nggak usah ditaruh di macbook. Yang benar benar penting dan sering di akses saja yang kita taruh di hardisk macbook kita.

Oya, aslinya software diatas juga bisa dibuat mengecek file file yang ada di dalam flashdisk / hardisk eksternal kita lo. Tinggal tancepkan ke mac kita hardisk / flasdisknya lalu analisa layaknya kita menganalisa hardisk mac kita di atas. Oke, bermanfaat kan artikel saya ini? Saya pengen banget bikin video cara pakainya secara live sebenarnya, tapi belum sempat. Semoga sudah menginspirasi ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *