Tutorial Setting SMTP Mandrillapp ke Email Setting ARPREACH

AnjrahWeb.com – Pagi ini aku sempatkan waktu untuk setting ARPreach (Bagi yang belum tahu, ARPreach merupakan salah satu script autoresponder yang bisa di install di hosting kita sendiri, detailnya baca di webnya ARpreach). Harapannya bisa memulai membangun list email sesuai apa apa yang sudah mastah maulana malik ajarkan di Kelas Panduan List Building.

Hal pertama yang aku lakukan adalah memutar video cara instalasi yang ada di website Arpreach. Aku ikuti yang kurang lebih tahapannya:

  1. Download script arpreachnya
  2. Edit bagian config.inc.phpnya. Masukan disitu nama database, username, pasword, serta data detail mengenai website kita. Akhirni dengan save agar konfigurasinya tersimpan.
  3. Rename file tersebut menjadi config.php aja
  4. Kalau sudah, buka cpanel kita, tentukan dimana mau install arpreachnya
  5. Open file manager melalui cpanel, upload script yang lebih dulu kita zipkan ke hosting kita
  6. Ekstrak filezip arpreachnya
  7. rename folder arpreach_full menjadi a
  8. kalau sudah rubah permission tiga folder temp, schedule_errors, dan shedule_logs ke 777
  9. lakukan instalasi arpreachnya dengan mengakses URL: http://namadomainmu.com/a/install/, ikuti settingan beberapa yang sudah tampak di situ. Secara umum hanya memeriksa kebenaran data yang sudah dirimu inputkan setelah itu lanjut aja terus. Akhiri proses ini dengan menhapus folder install di folder arpreachmu.
  10. kalau sudah selesai install, nantinya sampai pada kolom anda harus memasukan username dan pasword agar bisa login ke dalam Arpreachnya. username defaultnya Admin dan paswordnya: 12345. Silakan coba login, anda bisa rubah username dan pasword default tersebut di menu setup lalu users, show list, edit disitu sesuai dengan data admin dan pasword yang anda mau.
  11. Sebelum juah melangkah, sekarang test dulu scriptnya udah jalan apa belum. Silakan ke menu setting, email system, show list. pilih yang ada disitu lalu ke menu action bagian paling kanan, test sent email. misal sudah sukses terkirim berarti secara umum scrip arpreachmu sudah jalan

Tutorial Arpreach review arpreach

Tutorial ARP reach

Nah sekarang baru ke bahasan bagaimana Tutorial Setting SMTP Mandrillapp ke Email Setting ARPREACH?

Tentunya anda harus sudah memiliki account di mandrill.com. Silakan buat saja, gratis. Apabila proses register di mandrill sudah selesai, silakan login ke akun mandrill anda lalu menuju menu menu SMTP & API Credentials. Caranya? ke kanan atas ada kayak lingkaran gerigi, klik aja nanti muncul menunya.

Kalau sudah ada di halaman SMTP dan API credentials, scroll mouse ke bawah temukan area API Keys. Silakan anda buat API Keysnya, kasih keterangan seperlunya. Sampai anda mendapatkan kode unik API KEYnya. API Key ini kelak akan berfungsi sebagai pasword SMTP ketika dimasukan ke dalam ARPreach.

Sekarang lanjutkan login ke admin area ARPreach anda. Syukur anda sudah login sebelumnya. Dimana kita memasang settingan mandrill itu?

  1. Di ARPreachnya silakan ke menu SETUP, cari Email Systems, Lalu klik Add an email systems
  2. Pada area add an email systems disitu terdapat tiga menu: Setting, Option, Custom Header. Pilih klik menu Option
  3. Di menu option itu rubah dari sendmail ke SMTP, lalu isi kolom yang ada sesuai dengan data yang ada ditampilkan pada halaman mandril SMTP & API Credentials. Kolom host isi dengan smtp.mandrillapp.com, portnya 587, SMTP Username isi sesuai data anda dan SMTP pasword isi dengan API key yang tadi sudah anda buat
  4. Encryption pilih TLS
  5. Lakukan test, klik tombol Test Setting. apabila sudah benar prosesnya, testing akan memunculkan popup yang menginformasikan keberhasilan anda.
  6. Akhiri dengan menyimpan konfigurasi yang sudah anda buat klik Save Email Systems.

Oke, demikianlah proses menggabungkan SMTP Mandrill ke dalam ARPreach anda. Semoga bisa memberikan banyak inspirasi ya. Bagi anda yang belum punya script ARPreachnya, silakan bisa belanja dulu ke Web Resmi ARPreach. Anda yang membeli ARPreach dari saya, kami bimbing dalam proses instalasinya. Asyik apa asyik? :D.

UPDATE MEI 2016
Saya dah nggak pakai Mandrillapp. Mandrill App servicenya jadi berbayar sekarang soalnya. Saya sudah terangkan pakai SMTP Baru apa, Silakan akses di KISAH EROR ARPREACH.

Untuk Segala Kebutuhan Autoresponder, Tanpa Ribet bayar Pakai Paypal dan Kartu kredit. Saya sarankan Anda memakai Autoresponder Bernama Kirim Email. LIhat Fitur, Harga, dan  Manfaat besarnya AKSES WEBNYA LEWAT SINI

Tags:
Panduan Cpanel Ratakan

Bagi dong pendapat positifmu Mengenai Topik Di Atas