Bagaimana Sih Kiat Cara Mendirikan Bisnis Online untuk Pemula

Anjrah Web – Ada banyak orang yang tahu saya, atau tahu bisnis saya berjalan menggunakan modal internet, apalagi kemarin ada yang share segepok uang di facebook jadi kemudian penasaran bagaimana sih Cara Mendirikan Bisnis Online untuk Pemula? apa modal yang harus disiapkan bagi pemula yang ingin berbisnis di internet?

Insya Allah saya akan coba jawab menggunakan serial artikel tentang bisnis online bisnis menggunakan internet.

Hanya saja sebelum jauh melangkah, saya awali dulu dari mendefinisikan istilahnya. Kalau saya tanya kepada anda, apa sih yang anda tahu mengenai bisnis online? Maka biasanya jawabannya akan seperti:

  • Bisnis warnet
  • Bisnis dimana orang ‘hanya’ duduk didepan komputer / laptop lalu dapat uang secara online
  • MLM yang menyebarkan link website yang dikode secara khusus untuk mendapatkan membernya
  • Jualan produk fisik mau jilbab, buku, segala macam di facebook / instagram / web / forum / kaskus, Dan banyak lagi lainnya.

Saya katakan: SETIAP ORANG akan mendefinisikan SESUAI PENGALAMAN yang sudah mereka tahu masing masing. Tetapi apakah benar jawaban jawaban tersebut?

KITA SEPAKAI DULU DEFINISI BISNIS ONLINE

Lalu apa sebenarnya bisnis online / online business? Kita kembalikan ke definisinya, salah satunya ialah:

Online business – also referred to as e-business – is any kind of business activity that happens online (over the internet).

A business owner who does any, or all, of their business using the internet, is running an online business. Running an online business can include buying and selling online, and providing an online service. A wide variety of businesses can be found online, in many different industries.

Anyone can start an online business. If you have a unique product or idea, you can find a way to sell or trade it online. It’s just like a traditional ‘bricks-and-mortar’ business, except your office or shop is online, so you have to decide how it will look and appeal to customers.

Melalui definisi tersebut, kita jadi paham dan bisa membatasi bahwa bisnis online merupakan aktivitas bisnis yang terjadi menggunakan sarana online. Mau jualan produk, jasa, atau berbagai layanan yang membantu orang maupun perusahaan dimana semua itu menggunakan sarana online.

Bagaimana Cara Membangun Bisnis Online, Syarat Menjalankan Bisnis Online di Internet Anjrah Web
Jangan Silau Sekedar Hasilnya, Pahami PERJUANGANNNYA

Sampel mudah beberapa model bisnis onlinenya:

  • Si A ahli design gambar, dia mendaftarkan dirinya di Freelancer, lalu dia dapat job dari klien dari luar negeri. Setelah pekerjaan selesai, si A mendapatkan bayaran baik melalui paypal / wire transfer dari kliennya. maka ini juga bisnis online.
  • Si B seorang blogger. Dia membuat blog / website yang bagus membahas tema dunia otomotif. Websitenya sangat ramai sampai sehari pengunjungnya mencapai 10rb orang. Lalu si B mendaftarkan website di layanan periklanannya google bernama Google Adsense. Ternyata disetujui oleh google adsense. Blog si B kemudian dipasangi aneka iklan dengan tarif tertentu oleh google adsense, setiap pengunjung yang mengklik iklan yg ditayangkan oleh google adsense di blog si B, si B mendapatkan bayaran. Ini juga bisnis online.
  • Si C, dia seorang broker. Punya banyak kenalan petani atau para pebisnis sayuran dan buah. Si C mempunyai ide memasarkan produk buah dan sayur teman temannya itu melalui Alibaba. Alhamdulillah dapat klien orang korea misalnya. Si C dapat order, Si C mendapatkan pembayaran (biasanya DP dulu), order dia orderkan ke teman temannya, si C siap kirim barang. Si C melakukan penagihan ke kliennya orang Korea untuk pelunasan. Pelunasan terjadi, si C kirim barang lengkap dengan surat eksportnya. Ini bisnis online pula.
  • Si D kebetulan ngekos di dekat toko cobek. Ya cobek yang buat uleg uleg bumbu pecel / bumbu umumnya didapur. Dia punya ide pengen jualan cobek online. Si D lalu memfoto beragam ukuran dan jenis cobek, dia bikin website, dia optimasi dengan Teknik Pemasaran SEO eh dia dapat order dari orang tangerang misalnya. Orang tangerang ini tahu si D jualan cobek karena dia googling, menemukan website yang dibuat oleh D,lalu tertarik melakukan transaksi.Jualan cobek begitu juga sudah bisnis online.
  • Si E orang indonesia. Dia punya kenalan orang malaysia. Si E ini mendapatkan informasi dari orang malaysia, bahwa di malaysia ramai produk jilbab dari indonesia. Si E lalu punya ide, dia kerjasama dengan orang malaysia,jualan jilbab bareng. Si E membuat fanspage facebook, dia isi dengan berbagai foto produk jilbab tapi keterangan order dan nomor HPnya dia tujukan ke temannya yang orang malaysia itu. Lalu dapatlah dia cutsomer malaysia yang mengorder melalui temannya si E, ketika temannya si E mendapatkan transferan uang dari cutsomernya, uang itu di transferkan ke Si E, si E yang kirim barang langsung ke customer atasnama temennya si E. Maka model begini juga bisnis online.

Nah, masih banyak sebenarnya model bisnis online. Kalau saya sendiri kadang ditanya oleh teman, maka ya saya jelaskan gitu. Model bisnis online mana yang mau kamu tekuni? model bisnis online apa yang kamu pahami.

SETIAP MODEL BISNIS ONLINE PUNYA CARA SUKSESNYA MASING MASING

Oke, katakanlah Anda sudah memilih dan mempunya model bisnis yang paling sesuai dengan yang anda maksudkan. Mau memilih model toko online, jual jasa online, atau aneka lainnya. Maka saya katakan bahwa setiap model bisnis online memiliki karakter dan cara sukses yang berbeda beda.

Hanya saja, pondasinya jelas akan kembali pada 4 Kunci Bisnis Pada Umumnya:

  • Penguasaan target market yang spesifik, jelas, detail, dan anda betul betul mengenalnya
  • Cara pemasaran terbaik dan mengena target market yang anda incar
  • Penguasaan terhadap kualitas produk / jasa yang anda jadikan daya tarik orang ‘memasrahkan uangnya’ kepada anda
  • Delivery alias pengiriman / sarana terbaik agar customer bisa memperoleh barang / jasa yang anda tawarkan.

Kuasai betul empat point itu. Maka anda sudah mulai memiliki bisnis yang baik menggunakan internet. Apapun produknya, apapun jasanya.

SYARAT YANG HARUS DIMILIKI BAGI YANG INGIN TERJUN BISNIS ONLINE?

Kalau ditanya apa syarat menjalankan bisnis online? jawaban paling tepatnya akan kembali ke model bisnis online seperti apa yang anda mau jalankan. Bisa syaratnya itu anda hanya butuh koneksi internet. Koneksi internet itu tolong jangan dipahami secara kaku dimana anda harus pasang layanan SPEEDY misalnya dirumah / bikin kantornya harus hotspotan.

Koneksi internet bahkan sekarang ini bisa mudah dan murah menggunakan berbagai kartu selular yang bertarung menawarkan paket internet murahnya. Sekedar bisa online, bisa cek email, bisa BBMan, Whatsup-an, chat BB, atau YM serta aneka media komunikasi lainnya itu sudah cukup.

Kalau mau di detailkan jelas syaratnya sih:

  • TAU ILMUNYA. Ada temen saya, dia sudah punya produk, biasanya berjualan secara offline. Suatu hari dia ingin onlinekan produknya, dia lalu bayar konsultan SEO, konsultan FB ADS, ini dan itu habis ratusan juga. Ternyata tidak ada hasil signifikan yang dia rasakan. Bukan salah konsultannya, bisa jadi karena belum tau bagaimana meng’konsultankan’ secara efektif bisnis yang dia sedang jalankan.
  • MAU KOMITMEN MENJALANINYA. Kadang keterlaluan memang, kita dapati di internet ada banyak penawaran KAYA SECARA INSTAN. Padahal, semua itu kebanyakan hanya BOHONGAN BELAKA. Tak ada orang yang benar benar bisa sukses di bisnis online tiba tiba, kaya raya, hanya dalam waktu semalaman. Adapun kali kasusnya amat sangat kecil, kasus yg tak pernah bisa diduplikasi bisnisnya ‘secara wajar’. Bisnis online ada fase perjuangannya, merangking kata kunci di google, iklan yang efektif seperti apa, mendapatkan klien ‘paus’ seperti apa, dapat supplier produk berkualitas bagaimana, semuanya ada SENI YANG HARUS DILEWATI.
  • PUNYAI MENTOR BISNIS YANG TEPAT. Mentor itu ibarat guru ngaji kitalah. Kita baca qur’an semrawut, dia benarkan, eh itu secara tajwid harusnya dibaca gini dan gitu. Mentor ini bukan asal sekedar mungkin kita nemu PEMBICARA INTERNET eh taunya dia sendiri NGGAK PUNYA BISNIS ONLINE sendiri. Mentor yang pas mentor yang dia kuasai betul bisnis itu apa, dia jalani, dan dia juga punya mentor lagi diatasnya. Jadi suasana pembelajaran akan berjalan dengan baik serta terkontrol.
  • BISNIS APAPUN HARUS PAHAM MARKETING dan PENGELOLAAN CASHFLOW keuangan. Tambahan bagi yang berbasis PRODUKSI, ya Syaratnya menguasai benar produksi produk / jasa yang dia tawarkan.

Secara umum begitu. Punya laptop, punya jaringan, punya modem itu nggak wajib. Karena banyak pebisnis ONLINE bahkan melalukan bisnisnya dari warnet, pinjam laptop temannya / modem sekalian, atau modal SMS dari HP butut. Tetapi kalau memiliki itu lebih baik. MULAILAH BISNIS DARI APA YANG ADA, APA YANG KITA PUNYA. Itu mungkin artikel pembukanya, pertanyaan lain bisa kontak saya melalui SUPPORT ANJRAHWEB.

2 Comments

  1. Saya guru berpenghasilan 1jt gaji pokok blnan dan krg lebih 1jt dr ngasi les. Blm berumahtangga shingga uang msh bebas. Sy bisnis onlineshop tnp modal krn dropship. Tp skrg sy ingin mencoba stok sedikit2 dr modal yg sy sisihkan dr gaji les2an. Dlu pernah spt itu tp ternyata uangnya tdk kembali krn brg tdk laku. Skrg sy beralih ke kosmetik. Mohon diajari secara bisnis onlineshop pengelolaan cashflow yg baik bagaimana?

    1. hi kak nadia. terima kasih sudah berkunjung.
      untuk pemula, paling aman memang dropshiping.

      saya sendiri awali juga bisnis dari drophsip.
      tetapi, analisa saja.

      dari barang yg kita jual, yg paling laku yg mana,
      mulailah mengatur dan menimbang.

      barang itu di pilih sebagai target kulakan.

      langkah awal:
      kenali barang yang fast movingnya.
      sehingga meminimalkan dead stock.

      kuncinya,
      Stock hanya barang yg berpotensi kuat laku
      Stock hanya barang yang sudah jelas marketnya.

      itu konsepnya.

      kalau pengelolaan cashflow secara umum, tetap mengacu ke bagian yg sudah dibahas di atas.
      kuatkan utk mendukung penjualan saja modalnya, jangan kebanyakan stok.

      bila bisa dropship, dropship aja dulu.
      bilang sama vendornya, ijin dropship. berapa dia kasih harga eceran tertingginya dll.
      itu biar terjadi akad kerjasama yang sah.

      Semoga menjawab pertanyaanmu kak. 🙂

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *