Anjrah Web – Ah, terlewat ya senin 1 September 2014 kemarin, saya terlambat mengupdate artikel.  Tapi semoga tidak mengurangi semangat temen temen ya, kali ini aku sharekan Bagaimana Cara Sederhana Membagi Mengatur Penghasilan Bisnis Bulanan? Ya sebuah ilmu yang penting bagi setiap keluarga maupun pemilik bisnis.

Ini ilmu yang aku dapatkan ketika ikut ‘mini workshop’ Entreprener Management Money beberapa waktu yang lalu. Paparannya itu sebenarnya cukup panjang, hanya kita bahas sebagian yang insha Allah bisa langsung temen temen aplikasikan. Wah gimana tuh? baik mari kita bahas.

Awali membagi Uang ke dalam Empat Bagian

Pemateri mini workshop itu menasehatkan agar membagi uang yang kita dapat (berapa pun jumlahnya) ke dalam rumusan 10:20:30:40. Apa maksudnya 10 (jatah sedekah) : 20 (uang untuk hal hal darurat) : 30 (cicilan hutang kalau ada) : 40 (biaya hidup). Kalau kebetulan tidak memiliki hutang, ya bisa disesuaikan lagi rumusnya misal jadi 10 (jatah sedekah) : 20 (hal hal darurat) : 30 (tabungan) : 40 (biaya hidup). Atau format lainnya.

Latihan melalukan self budgeting. Latihan mem-budget diri. Jujur kepada diri, sebenarnya KEBUTUHAN BULANANnya berapa. Saya katakan kebutuhan, bukan keinginan kenapa? betapa sering manusia itu aslinya gaji itu bisa mencukupi kebutuhannya, tetapi hampir selalu kurang ketika harus memenuhi apa keinginannya. Ya apa iya?

Cara mengatur keuangan bulanan ibu rumah tangga
Cermat menggunakan Aliran Uang

Maka, ayo, tegaslah dalam mendefinisikan biaya kebutuhan buat hidupnya setiap bulan aslinya berapa. Biaya basic makan dengan layak, minum, urusan listrik, pulsa, transportasi, SPP anak anak (kalau sudah punya anak), serta lainnya. Misalnya, owh ternyata kebutuhan saya sebulan cuman Rp 2 jt. Kurs-kan itu dengan emas (enggak di kurskan juga nggak papa sih).

Emas? Ya, di kurskan dengan emas. Pasalnya emas itu relatif ‘stabil’ nilainya dibanding mata uang. Pada contoh, 2 juta itu (katakanlah 1 gram emas 500rb) sama saja = 4 gram emas. Maka biaya hidup layaknya anda, senilai 4 gram emas/bulan. Maka mau nggak mau, harus tegas, harus berani bahwa sebulan ya habis segitu aja. Kalau ada sisa malah dari jatah budget bulanan, turunkan menjadi dua bagian lainnya.

Contoh Simulasi Aplikasi Membagi Uangnya

Jadi ringkasnya, pak harun penghasilan anda sebulan 10 jt, maka rumus pembagiannya langsung dibagi:

  • 10 % = 1 juta sedekahkan
  • 20 % = 2 juta simpan untuk hal hal darurat (bisa juga tabungan biasa)
  • 30 % = 3 juta cicilan hutang
  • 40 % = 4 juta biaya hidup.

Misal mau lebih rinci, bagian biaya hidup juga bisa dibagi sistem periode mingguan. Kita tahu satu bulan rata rata ada empat minggu. Maka setiap minggu budget paling banyak biaya hidup Rp 1 juta. Ya, ilmu keuangan kuncinya merupakan ilmu tegas serta disiplin terhadap uangnya. Ketika kedisiplinan bermasalah, bakal carut marut lagi urusan lainnya.

Ya semoga, artikel sederhana Bagaimana Cara Sederhana Membagi Mengatur Penghasilan Bisnis Bulanan bisa memberikan manfaat bagi teman teman sekalian ya. Ayuk kita bersama berlatih disiplin mempraktekannya. Insya Allah di kesempatan lain, kita akan lanjutkan pembahasan manajemen keuangannya.

Coach Anjrah

Recommended Posts

22 Comments

  1. Gajinya sebulan hanya 900rb….trus untuk hidup di kota besar….misalnya surabaya…gmn cara ngaturnya..thanks

    • intinya mulailah dari ‘kejam di awal’
      jadikan angka angka diatas sebagai perkiraan saja.

      Katakanlah mau pakai rumus
      10 % nabung, ya berani tega, ambil segitu tabung di depan.

      Sederhananya begitu. Awalnya memang dipaksa, nantinya akan terbiasa, kebiasaan yang otomatis akan mengatur kita.

  2. Thanks untuk admint sangat membantu…

  3. saya memiliki gaji 1 juta perbulan. bagaimana cara mengaturnya??

    • main dari prosentase aja kang. Langsung diprosentasekan berdasarkan pembagian yang ada di atas.

      pengaturan keuangan tidak memandang jumlah angka berapa gajinya / pendapatannya. namun, ia membentuk kebiasaan. kalau di angka uang kecil sudah punya kebiasaan baik, maka nanti diangka uang besar insyallah juga sudah biasa memanage-nya.

  4. wah keren

  5. Saya sangat setuju disiplin diri itu harus “kejam” dulu baru kemudian terbiasa dan menjadi budaya yg baik.

  6. Memang benar disiplin ssngt diperlukn, tdk smudah mengemblikn telapak tangan, bagaimana cara mengatur dan mengelola dg gaji 2,5juta bagi karyawan yg kost atau kontark yg tnggl di kota Surabaya?mhon penjelasannya.

    • Coba langsung di plotkan menurut rumus di atas kak 🙂

  7. Saya gaji 5jtan tp kok masih sulit untuk disiplin membagi uang trsbt. Mungkin sy bs hanya bertahan bbrp bln aja…. Tipnya gimana ya agar bs konsiten dengan rumus” tersebut..

    • tipsnya adalah:
      1. cari momen dimana anda dengan sikap anda sekarang, hal itu membuat anda sangat menderita. misal, dengan sikap gak bisa ngatur uang, eh pas ibunya sakit, kita nggak bisa biayain…
      2. momen penderitaan yg sudah anda temukan, jadikan itu sebagai pondasi perubahan sikap, bahwa aku harus belajar manajemen keuangan yg bagus.
      3. Paling cepat, kejamlah untuk biaya non kebutuhan hidup dasar. analisislah uang untuk yg benar benar untuk kebutuhan dasar dulu, urusan gaya dll, jauhi.

  8. tolong pencerahannya.saya seorang istri suami saya bekerja dperusahaan swasta dg gajih 3jt400rb/bln.suami sya mnyerahkan semua gajihny ksya,dia tdk mau ambil pusing,dia cma mnta jatah 300rb/bln buat bbm.sy suka kwalahan dlm mnghitung pngeluaran.sy pnya cicilan rmh,motor,spp anak slolah.gmn yach cara mngatasi agar tdk kekurangan stiap blnnya.mksh

    • cara paling cepat mencukupkan diri adalah dengan membunuh cost cost yang sifatnya sekunder bahkan tersier dalam kehidupan.

      kalau fokusnya mau menambah penghasilan tanpa secara jujur kejam pada pengeluaran, penghasilan sebesar apapun tak akan pernah mampu mengcovernya.

      rumus paling awal, coba hitung, limit hidup paliiiiing sederhana dimana bisa hidup. kira kira kayak apa. jadikan itu sebagai pegangan.

      kurangi / putus hal hal yang basisnya hanya keinginan, bukan kebutuhan. sehingga ada space tambahan.

      selalu menabung di awal. kejamlah pada habit ini. walau nabung cuman 20.000 / bulan, nggak apa, buat melatih.

      lain lainnya, bisa coba ikuti pola di atas.

  9. mantab ini postingannya gan!

    • makasih sudah berkunjung gan.

  10. mantappp

  11. disiplin dan kejam di awal terhadap pengeluaran.
    kalimat sakti dan mulai hari ini jd pegangan hidup saya,
    terima kasih atas artikel nya


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *