Rumus Kata Kata Iklan yang Bagus untuk Berjualan di Facebook / Online Umumnya

AnjrahWeb.com – Maszen Al Arsy, seorang sahabat facebook, membagikan Rumus Kata Kata Iklan yang Bagus untuk Berjualan di Facebook / Online Umumnya. Saya pikir itu topik yang sangat dibutuhkan, maka saya agkat ke AnjrahWeb.Com supaya lebih banyak lagi orang yang terderdaskan.

Ya secara ringkas, orang itu kesulitan ketika memasarkan di facebook pada 3 hal:

  1. Duh ini mau jualan, kata katanya pakai apa ya?Bahasa Iklan yang bagus untuk Jualan Online di Facebook
  2. Mau cari bahasa penjualan lain, tapi gimana ya?
  3. Sama sekali nggak mengerti, kalau nyetatus jualan a

Beliau menyampaikan ada 3 Formula. Mari kita simak selengkapnya.

Formula Pertama: Berikan Janji

Anda tahu? cara terbaik menumbuhkan minat beli calon konsumen adalah dengan cara menunjukkan masalah yang sedang mereka hadapi, kemudian berikan mereka janji bahwa anda akan memberikan solusinya.

Disini Anda belum menyebutkan nama produk anda, karena Anda ingin membangkitkan rasa ingin tahu. Janji yang Anda berikan hanya berupa potongan informasi.

Mengapa ? Menurut riset neuroscience, otak manusia membenci informasi tidak lengkap. Dan manusia akan terdorong melakukan apa saja untuk melengkapinya (Dalam hal ini, terus membaca promo Anda hingga selesai berusaha memenuhi rasa penasaran info lengkapnya).

Berikut template kalimatnya :

Jika (masalah/kendala yang dihadapi konsumen) setelah mencoba /memakai/menggunakan (nama produk/jasa pesaing yang sejenis), maka mungkin ini informasi terbaik yang pernah Anda baca.

Saya akan menunjukkan satu {cara/metode/bisnis} yang {mudah/cepat/hemat} dimana (masukkan bukti keberhasilan produk/jasa) berhasil mencapai/meraih/mendapatkan (hasil yang diinginkan konsumen)

Dan dibawah ini contoh penggunaan template.

Katakanlah Anda menjual obat herbal kewanitaan. Maka pembuka status promo Anda kira-kira terlihat seperti ini :

Jika masalah kewanitaan selalu muncul setelah mencoba semua jenis obat yang katanya ampuh dan aman, maka bisa jadi ini merupakan informasi terbaik yang pernah Anda baca

Saya akan menunjukkan satu cara mudah & aman dimana 9 dari 10 wanita yang telah menggunakannya berhasil mengatasi masalah kewanitaan mereka, hanya dalam 7 hari.

Setelah pembukaan diatas, Anda tinggal lanjut memperkenalkan nama produk, spesifikasi teknis, harga & cara pemesanan.

Formula Kedua: Ada Masalah –> Berikan Solusi

Aturan nomor satu dalam copywriting, konsumen membeli solusi atas masalah mereka, bukan produk anda.

Maka copy iklan yang bagus, pertama-tama perlu mengidentifikasi terlebih dulu apa masalah konsumen… Setelah itu menawarkan solusinya (produk Anda).

Berbeda dengan formula #1, pada formula #2 Anda tidak perlu mengumbar janji, Setelah menunjukkan masalah, Anda lansung memberitahu mereka nama produk Anda sebagai solusinya.

Template kalimatnya kira-kira seperti ini :

Apakah Anda tidak percaya diri/frustasi/kecewa/marah/sedih/dsb karena (Masalah/kendala/rasa sakit/tantangan yang dihadapi konsumen)

Jika Anda menjawab YA untuk pertanyaan diatas, maka saya punya solusi/alternatif untuk Anda.

(Nama produk/jasa) terbukti mampu membantu/mewujudkan (hasil yang ingin dicapai oleh konsumen) sejak/hanya dalam (jumlah jam/hari/bulan/tahun). Sebagai jaminan, kami memberi Anda (Masukkan garansi)

Berikut contoh penggunaan template yang menawarkan produk pemutih :

Apakah Anda tidak percaya diri karena wajah Anda terlihat kusam ? Bahkan tetap kusam terlihat di foto yang telah menggunakan fitur kamera 360 ?

Jika Anda menjawab YA untuk pertanyaan diatas, maka saya punya solusinya buat Anda.

Krim pemutih Anto Sui terbukti mampu membantu mengembalikan cahaya wajah Anda hingga tempak seperti pualam, hanya dalam 7 hari. Sebagai jaminan, saya memberi Anda garansi uang kembali selama 30 hari.

Dan setelah pembuka diatas, Anda langsung menampilkan poin-poin keunggulan produk Anda, serta bagaimana cara pemesanan.

Pada prinsip #1 dan #2 termasuk jenis iklan hardselling bukan softselling, sehingga bisa jadi kurang cocok jika anda lakukan terlalu sering di akun facebook pribadi anda.

Terakhir….

Formula ketiga: ‘Memanggil’ target market

Apa yang Anda lakukan ketika seseorang memanggil dan menyebutkan nama Anda ditengah jalan ?

Anda berhenti, menoleh, lalu memusatkan perhatian kepada si pemanggil.

Formula #3 berikut bekerja di atas prinsip yang sama.

Sebagai penjual, Anda tentu tahu untuk siapa produk Anda ?

Bisa dipastikan kegagalan di depan mata Anda jika anda belum mengetahuinya.

Mungkin untuk Ibu pasca persalinan yang ingin langsing kembali ? Umat muslim yang ingin menunaikan ibadah umroh ? Gadis yang tidak percaya diri karena bau badan? PNS yang mau mecicil rumah tanpa DP ? atau Penggemar t-shirt lucu ? Atau (masukkan nama target pelanggan Anda disini).

Siapapun mereka, Anda tahu apa masalah yang mereka hadapi hingga mereka membutuhkan produk/jasa Anda….

Nah, Anda cukup ‘memanggil’ kelompok target tersebut pada pembuka iklan Anda…. Kemudian sambung dengan penawaran produk Anda..

Berikut template kalimatnya :

Untuk/buat (seorang/jenis kelamin/profesi/jabatan/umur/dsb) yang ingin (cita-cita/tujuan yang ingin dicapai konsumen) Tanpa (kerepotan/kesulitan yang ingin dihindari), maka (nama produk/merek) mungkin tepat untuk Anda

Sekarang, mari saya tunjukkan contoh penggunaan template diatas :

Katakanlah target konsumen Anda perempuan muda yang baru melahirkan (dan masalah berat badan yang mereka alami).

Untuk wanita pasca melahirkan yang ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam waktu 1 bulan, tanpa olahraga keras, tanpa operasi sedot lemak, dan tanpa menguras kantong Anda, maka suplemen diet Anto Slim mungkin yang Anda perlukan…

(Lanjut menampilkan spesifikasi teknis & cara pemesanan produk Anda)

Atau misalnya Anda ingin ’memanggil’ ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Seperti Anda lihat, kunci keberhasilan formula #3 sangat sederhana….

Semakin Anda mengenal target konsumen, semakin spesifik Anda mengelompokkan mereka, semakin besar peluang mereka menjawab panggilan Anda.

Sampai disini Anda telah mengetahui 3 formula pembuka status Faceboook untuk mempromosikan produk Anda.

Now Your Turn

Sekarang giliran anda mencoba. Kalau mau di obrolkan, silakan coba bikin kalimat pembuka jualannya di kolom komentar. Insya Allah pas saya ada waktu, saya bantu jawab ya. Intinya, harus berani mencoba, semakin sering dicoba, dirimu semakin mahir dibuatnya.

 

4 Comments

Apa Pertanyaan/ Komentar/ Saran Positifmu?

Your email address will not be published. Required fields are marked *