Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat

by

Anjrah Web – Pertanyaan yang sering ditanyakan saat seseorang membangun bisnis online ialah Bagaimana sih Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat? Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus? Apa sih nama domain yang tepat buat bisnisku? Apa sih domain toko? Arti Domain Toko? Contoh Domain Toko? serta aneka pertanyaan yang semacamnya. Baca sampai habis saja.

Maka akan saya coba jawab sekarang, semoga bisa membantu anda dalam mengambil keputusan. Pada dasarnya nama domain dari sebuah website yang kita bangun itu mengacu pada tiga kepentingan:

  • Branding
  • Konversi (Fokus ke penjualan produk / barang / jasa layanan lainnya)
  • Satu domain buat Branding dan Konversi

KEMBALIKAN KE POLA BISNIS KITA

Kalau membeli domain sebagai branding, agaknya lebih mudah, kembalikan ke visi misi bisnis kita. Apa yang ada disana lalu di kristalisasikan menjadi nama domain yang pas. Nama domain bagi kepentingan branding tidak selalunya harus memiliki makna.

Contoh domain branding yang relatif tidak ada namanya ya Google sendiri. Kira kira apa sih namanya? Kalau ndak percaya coba buka kamus bahasa inggris, cek apa ada kata google di sana? Penting dari sebuah brand kan kita bisa memberikan KESAN PERTAMA yang susah dilupakan di benak Customer.

Maksudnya bagaimana?

Misalnya begini, kita awal dulu sama sekali tidak pernah tahu apa itu google, nggak pernah tahu apa arti google, sama sekali tidak tahu google itu apa. Tapi, suatu hari kita ada tugas dari kantor / kuliah, kita cari di perpustakaan sudah terbatas bahannya. Eh ada saran dari teman agar mencari datanya menggunakan google.

Sekali kita pakai google, eh banyak data yang didapatkan. Tugas kantor tugas kuliah selesai berkat bantuan google. Maka diwaktu yang akan datang kita tentu akan kembali ke google lagi, meski kita sendiri TIDAK PERNAH MENYADARI ARTI GOOGLE ITU APA SIH? hehe… Paham? 🙂 .

Kalau domain domain brand yang memiliki makna kan banyak, misalnya Womenhealthmag.com. Pas baca domainya kita langsung paham, itu website bahas tema tema kesehatan wanita. La Google? apa hubungannya dengan mesin pencari? Bukankah kalau dia mau nama ‘yang umum’ lebih baik pakai nama domain SearchEngineOnline.com yang kita maknai dengan mudah itu mesin pencari di dunia online.

Alasan Orang Membeli Beberapa Domain

Beda kalau kita bahas, membeli domain demi kebutuhan konversi. Makna konversi yang kami maksudkan ialah kita membeli domain lalu disempurnakan menjadi sebuah website yang arahannya langsung demi mendapatkan sales / lead / klik / istilah lain konversi.

Bisa lebih dijelaskan lagi? Woke siap

  • Seseorang punya toko online, maka makna konversi baginya (salah satunya) orang membeli produk (sales)
  • Seorang programmer membuat situs pertemanan seperti facebook, konversinya visitor mendaftar gabung ke situs pertemanannya itu
  • Penjual produk digital yang menawarkan ebook gratis, konversi baginya ialah visitor websitenya memasukan nama dan emailnya ke kolom optin lalu mendownload ebooknya
  • Seseorang berbisnis Adsense, konversi baginya ialah pengunjung websitenya mengklik banner iklan yang dipasang

Banyak lagi jenis jenis konversi. Semoga empat contoh diatas bisa memberikan sarana yang memudahkan pemahaman bagi anda sekalian. Ada sebagian orang yang ia membeli domain berbasis konversi dan berbasis branding. Kedua duanya dijalankan demi menyukseskan bisnisnya. Sah sah saja memiliki beberapa domain.

Contoh Nama Domain Yang Umumnya Berbasis Konversi

Nah, karakter yang berbasis konversi kadang itu nama domain malah disesuaikan dengan kata kunci yang dikejar untuk memuluskan pencapaian konversi yang ingin di capai (Pada Materi Tutorial SEO sudah kami kupas beberapa bahasan pentingnya berkaitan dengan urusan merangking kata kunci di google). Misal ada seseorang berjualan produk baju anak import yang mereknya terkenal di dunia.

Pemilik toko online itu lalu mengecek kata kunci di Google Keyword Planner lalu menyimpulkan akan menjual dengan kata kunci Jual Baju Import Branded. Nah dari situ dia membeli domain dengan nama jualbajuimportbranded.com atau jualbajubranded.com atau yang semacamnya.

Istilah SEOnya beli domain berbasis Keyword On Domain (Bab riset keyword bisa belajar di Ebook Gratis Kami). Domain domain berbasis konversi biasanya disusun berdasarkan kata kunci yang ingin dikejar. Walau agak panjang, agak kurang keren, tidak mengapa asalkan bagus konversinya.

Lalu ada pertanyaan, bisakah suatu hari domain yang berbasis brand berubah menjadi domain berbasis konversi, atau domain berbasis brand sekaligus dijadikan domain berbasis konversi? Bolak balik semacam itu bisa saja. Sebab brand dan konversi tidak semata mata dibangun hanya berdasarkan nama domain semata. Ada banyak faktor lainnya.

Tips Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat

Secara umum melengkapi dari yang sudah kami paparkan di atas:

  • Beli domain yang paling dekat dan paling sesuai dengan produk dan jasa anda
  • Satu produk / Bisnis bisa memiliki beberapa nama domain sesuai strategi pemasaran onlinenya
  • Jauhi penggunaan nama domain yang kata kata itu berbentuk merek atau ada trademarknya, kecuali mendapatkan ijin resmi serta ada perjanjian berkekuatan hukum yang menjadi dasar penggunaannya oleh anda
  • Kalau domain perusahaan di indonesia, bisa mempergunakan domain dengan ekstensi .id seperti co.id. Apabila umum saja, kebanyakan orang dan bisnis di dunia mempergunakan nama domain ber-ekstensi .com untuk websitenya.
  • Sesuaikan budget pembelian nama domain. Beberapa domain ada yang harganya ‘diatas normal’ mirip istilah kita beli ‘nomor cantik’ ketika cari nomor buat handphone
  • Umumnya nama domain tidak terlalu banyak mengandung angka atau tanda baca lainnya
  • Kalau terpaksa harus membeli nama domain bekas (sudah pernah dipergunakan orang lain) lalu domain itu mau diarahkan untuk konversi mempergunakan SEO, pastikan dia punya riwayat backlink yang bagus, PA DAnya di atas sepuluh, syukur punya pagerank diatas dua, dan jauhi domain yang sudah memiliki banyak riwayat drop (perhatikan gambar):

    Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat Adsense Toko Online Affiliate Branding
    Perhatikan Kotak Merah, Itu tanda domain sudah 2 x drop

Itulah sedikit kupasan dunia pembelian Domain. Kami berharap bisa memberikan pencerahan bagi anda sekalian. Lalu kalau ditanya bagaimana cara membeli domainnya. Ringkasnya begini:

  • Silakan langsung akses NAMECHEAP >> KLIK DI SINI. Siapkan paypal / kartu kredit anda
  • Setelah loading sempurna, ada kolom memanjang, masukan nama domain yang anda kehendaki, klik SEARCH
  • Misal tersedia disitu akan bisa kita beli dengan mengeklik tombol berbentuk chart / troli belanja. Misal yang .com tidak ada bisa anda pilih yang .net / .org / .co atau cari kata lain yang .com-nya masih ada. Lanjutkan klik menu View Cart.
  • Kalau sudah muncul kolom confirm order, langsung lakukan konfirm order. Kalau anda blm punya akun di namecheap anda akan diminta bikin akun sebelumnya.
  • Ciri domain sudah anda berhasil beli, ketika anda login ke dalam name cheap, anda sudah dapati disana domainnya

Secara umum gampanglah. Tinggal ikuti proses yang ada di name cheapnya. Oya, kali anda bertanya mengapa pakai name cheap? saya sendiri pakai sudah lama, selama ini biayanya juga murah, rutin ada kupon belanja yang bisa kita googling dengan mudah. Secara keamanan, name cheap diakui oleh dunia sebagai salah satu domain register yang aman.

Kalau tidak punya kartu kredit? saya dulu minta tolong temen yang punya kartu kredit, lalu saya bayar ke dia berapa tagihannya. Atau bisa pergunakan paypal. Kalau masih tidak bisa silakan beli ke registrar lokal indonesia.

Hanya sayangnya kalau pakai register lokal biasanya menu dalaman domain managernya sangat terlalu sederhana. So kadang menyulitkan kalau kita harus utak atik dalamannya misal kedepan mau setting buat VPS, eh ternyata menu All Host Recordnya nggak ada.

Panduan Selengkapnya bagaimana memilih domain, memasarkan, sampai jurus iklannya menggunakan Video Ads, Adwords dan semacamnya, Silakan MULAI BELAJAR DARI SINI. Ya sebuah panduan step by step yang didasarkan pada hasil real sukses berjualan secara online. Mudah ada copy paste strateginya, sekaligus penyusunnya jadi mentor yang bisa anda chat / sms / telepon untuk konsultasi.

UPDATE. Tips Merencanakan Nama Domain Toko Online Kita

bagaimana dalam paparan diatas, sudah saya sampaikan, bahwa domain toko online itu kadang kalau kita tidak cepat cepat membeli, sudah pasti nanti keduluan orang lain yang membeli lebih dulu.

So, apakah nama tokomu sudah dibeli orang apa belum? Anda ingin merancang mau beli domain apa? Mari cari tahu.

Di bawah ini, saya berikan software pengecek nama domain. Silakan masukan nama domain yang anda inginkan (tidak boleh ada spasi), lalu klik Search. Kalau hasilnya available, artinya bisa dibeli. Kalau sudah taken, artinya sekarang ini domain yang Anda inginkan sedang dipakai orang lain.

Contohnya:

 

plugin cara mengecek domain masih aktif atau tidak
Hasil pengecekan yang pertama, domainnya masih tersedia. Domain kedua, sudah dibeli. Asik apa asik? Sekarang giliranmu mencoba.

Alat Pengecek Domain Simpel dan Praktis Berikut

——————- Masukan Ke Bawah Ini —————–

[wpdomainchecker width=”400″ button=”Search” recaptcha=”yes”]

—————————————————————–

memilih nama toko online, memilih nama domain website toko online

Cara pakai:

  • Masukan nama domain di kolom di atas itu. Misalnya, anda ingin pakai nama domain, dengan nama anak anda aditya saujana. Lalu masukan saja di kolom di atas. Ketik: adityasaujana.com
  • Klik tombol Cek. Mesin tersebut akan mencari tahu untuk Anda.
  • Baca hasilnya, masih available / taken

Kalau masih available, anda ingin beli domain tersebut. Bisa segera membeli ke toko domain terdekat. Kalau mau dibuatkan website, harus beli sekalian hostingnya.

Tempat rekomendasi beli Domain, AKSES DI SINI. Tempat rekomendasi beli Hosting DI SINI. Saya rekomendasikan langsung ke pusat pusat penjualannya yang saya sendiri mengalami servicenya bagus.

Walau satuannya dolar, tapi bisa dibayar pakai paypal, credit card, atau bisa juga kayaknya sekarang pakai Virtual Credit Cardnya Bank BNI / BTPN. Atau setahuku bisa pake kartu debitnya bank permata yang verified visa. Butuh bantuan? Pake jasa Websitenya AnjrahWeb.com He he he. >> ORDER WEB TOKO ONLINE LEWAT SINI.

 

Spesial bahasan Apa Itu Domain Toko di Tokopedia

Ada banyak yang mencoba cari jawaban tentang domain toko atau ya apa itu domain toko. Padahal simpel saja, Domain toko adalah kata kata di belakang nama domain tokopedia anda.

Perhatikan ya. Setiap lapak orang di tokopedia itu ada nama masing masing. Misalnya, pak galeri pak anthon, maka pas bikin di tokopedia namanya nanti tokopedia.com/galerypakanthon. Kalau misalnya jualan hijab, maka kita bisa bikin tokopedia.com/grosirjilbabmurah dan sebagainya.

Paham ya contoh domain toko di atas?

perhatikan gambar berikut, agar anda langsung bisa mendapatkan domain toko di tokopedia, langsung saja masukan di kolom yang tersedia itu. Kalau belum dipakai orang maka artinya tetap bisa di pakai toko anda.

domain toko tokopedia anjrahweb

Jadi ya, maksud domain toko itu gitu gitu aja maksudnya. Oya, ingat jangan sampai di kasih spasi pas bikin nama ya. Kalau kena spasi nanti biasanya enggak mau. Kalau ada pertanyaan, silakan komentar ya. Insya Allah bisa kita diskusikan atau kita bantu.

===
Ingin Dapatkan Ilmu Pemasaran Online Lebih banyak?

Gampang caranya.

  1. Isi Form dibawah ini lengkap
  2. Klik Submit
  3. Buka emailmu dan lakukan konfirmasi
  4. Ada surprize hadiah buatmu 🙂

Gampang, Yuk Action sekarang juga. Isi formnya:






Nb. harap isi dengan data sebenarnya, prosesnya berjalan otomatis. Email anda kami jaga privacynya tidak dijual ke pihak ketiga atau lainnya.

anjrah ari susanto signature

 

 

 

 

 

 

Topik Diskusi:
domain toko, arti domain toko, apa itu domain toko, Domain toko adalah, contoh domain toko, contoh nama domain toko, nama domain toko, maksud domain toko, apa arti domain toko, contoh nama domain tokopedia, domain toko artinya, domain toko itu apa, nama domain tokopedia, contoh domain tokopedia, contoh domain, contoh nama domain toko online, domain tokopedia itu apa, costoh nama dobain toko

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

    1. di isi, buat nama url tokomu nanti.

      misalnya nih, nama tokomu berkah sejah tera.

      maka, nanti jadinya tokopedia.com/berkahsejahtera

      nama domain itu nanti kalau promosi yang buat dikenalkan orang.

  1. Sya juga pemula mau buka olshope, tokopedia, shoppe, buka lapak, mau cari nama domaian yg jarang juga asing,.. tapi masih bingung

  2. Saya mau buka di jual beli online bisa d bantu untuk bikin domainya.tpi tidak punya kartu credit