Apa Kegunaan Backlink Bagi Website Kita

Anjrah Web – Kalau ditanya, apa kegunaan backlink bagi website kita, jawabannya, “Apa gunanya orang merekomendasikan temen lainnya agar datang ke toko / bisnis kita?”. Di akui atau tidak, ada banyak bisnis bisa berkembang karena adanya REKOMENDASI dari orang lain yang tahu atau mengenal toko / jasa kita.

Semakin banyak yang memberikan rekomendasi agar orang datang kepada kita / bisnis kita, artinya kita semakin trusted dalam bidang / niche bisnis yang kita geluti.

Sebagai contoh, Katakanlah begini, kalau anda bertanya kepada saya, “KALAU DI KLATEN, TEMPAT MAKAN MIE AYAM ENAK DIMANA?” saya akan jawab, ya di “BAKSO MIE AYAM TENGKLENG PAK BAMBANG“. Secara teknis SEO, saya merekomendasikan gini artinya saya memberikan SATU BACKLINK KE WARUNG BAKSO MIE AYAM TENGKLENG PAK BAMBANG”.

Kalau kemudian hari Anda bertanya ke Pak Samhudi (bukan nama sebenarnya), Anda bertanya kepadanya,”KALAU DI KLATEN, TEMPAT MAKAN MIE AYAM ENAK DIMANA?” eh jawabannya itu intinya  sama seperti saya. Tetapi bahasanya agak berbeda. Katakanlah orang itu berkata,”ITU LO DI MIE AYAM PAK BAMBANG DEPAN KANTOR POS KLATEN”.

Sejauh ini, berarti bakso pak bambang sudah dapat dua backlink.

  1. backlink dari Saya
  2. backlink dari pak Samhudi

Nah, semakin banyak orang yang menyatakan BAKSO PAK BAMBANG itu enak dan benar benar lezat, backlinknya akan bertambah terus. Di satu sisi, maka tingkat kepercayaan orang terhadap bakso pak bambang yang sudah direkomendasikan oleh banyak orang kan terus meningkat.

Nah, kurang lebih seperti itulah Kegunaan Backlink dan Cara KErja Backlink.

KETIKA DI KEMBALIKAN KE DUNIA SEO

Apa Kegunaan Backlink, Fungsi Dari Backlink Bagi SEO Website Kita
Alur Backlink. Blog warna biru membacklink ke web utama warna kuning.

Kalau lah offline, kan rekomendasinya di ceritakan begitu / di ajak langsung. Kalau di dunia internet sistem rekomendasi yang umumnya berlaku alurnya biasanya gini. Bakso Pak Bambang diatas membuat website.

Lalu, ada artikel dari anjrah web menulis tentang pak bambang. Artikel yang memaparkan lengkap  mengenai Bakso tersebut. Nah, mau nggak mau kan biasanya sebagai penulis akan menyertakan pula website baksonya pak bambang kan? Proses menuliskan link di artikel oleh Anjrah Web itu artinya memberikan satu BACKLINK ke WEBSITE BAKSO PAK BAMBANG.

Semakin banyak artikel yang ditulis di blog berbeda, membicarakan mengenai bakso dan mie ayam kok semuanya merujuk ke bakso pak bambang. Maka nantinya GOOGLE AKAN MENILAI bahwa informasi mengenai BAKSO DAN MIE AYAM ENAK (berdasarkan data banyaknya rekomendasi blog yang ada) di daerah klaten ya BAKSO MIE AYAM PAK BAMBANG.

APAKAH GOOGLE BISA MENGHITUNG LINK REKOMENDASI ITU?

Bisa banget. Google itu robot cerdas yang sudah disiapkan dengan formulasi pemrograman tertentu dengan tujuan bisa memberikan informasi ‘setepat mungkin’ kepada sesiapa saja yang membutuhkan dengan data awal kata kunci yang dibubuhkan pada kolom pencariannya. Maka segala hal diperhitungkan agar informasinya yang dihasilkan ‘mendekati tepat’.

Saya berharap melalui gambaran yang sudah saya berikan, maka semakin jelas pentingnya backlink bagi website dan toko online kita. Semakin banyak backlink yang mengarah ke bisnis kita, backlink tersebut berkualitas, maka akan semakin baik posisi website kita di mata mesin pencari.

WAH BERARTI LAMA DONG HARUS MENUNGGU ORANG YANG MAU KASIH REKOMENDASI?

Iya, kalau secara alamiah bakalan lama. Kecuali website dan bisnismu mungkin dapat rejeki nggak tahu mengapa jadi sangat terkenal, masuk televisi, sehingga orang penasaran kemudian menulis di web masing masing. Kalau bisnis kecil yang biasa biasa saja, cara mensiasatinya ya bikin blog sendiri, boleh blog gratisan di blog detik, blogspot, wordpress dot com,pakai thread kaskus, viva forum, kompas forum, atau youtube misalnya.

Pada semua akun tersebut anda membubuhkan link balik ke lapak jualan anda sendiri. Maka itu kan sama artinya ANDA MEMBERIKAN BACKLINK ke WEBSITE ANDA SENDIRI dengan mempergunakan website anda sendiri lainnya. ANDA MEREVIEW BISNIS ONLINE ANDA SENDIRI mempergunakan blog anda yang lain, mau anda sendiri yang menulis atau penulis orang lain, google akan tetap saja membaca itu REKOMENDASI DARI ORANG LAIN kepada blog anda.

Seru kan? hehe. Ya gitulah. Kalau ada modal, bisa aja beli review di blog orang lain, kayak salah satu marketplace besar di indonesia dulu mengirim email ke saya. Dia menyediakan imbalan uang kalau mau menuliskan artikel mengenai bisnisnya. Hanya saja saya tolak, karena bisnis dia TIDAK RELEVAN dengan website saya.

La terus, kalau punya banyak blog begitu, capek dong menambah artikel atau menyisipkan linknya? Itulah sofware manajemen blog dan penambah content otomatis seperti BACKLINK MANAGER digunakan. Kapan waktu boleh deh nanti kita diskusikan mengenai bagaimana penggunaan BACKLINK MANAGER buat mengelola banyak blog milik kita. Atau baca aja dulu di artikel MANAGE BLOG NETWORK yang sudah saya tulis, disitu bahas rankwyz dan FCS, dua duanya fungsinya mirip dengan backlink manager.

Kalau mau langsung coba sendiri BACKLINK MANAGER, langsung aja ORDER KE SINI (software berlangganan, paling murah 150rb/bulan).

Welcome Kak. Blog Ini, Sharing Ilmunya Pak Anjrah Untukmu. Supaya Kamu Lebih Cepat Sukses Dalam Belajar Internet Marketing & Berbisnis Online.
Subscribe Channel Youtube Coach Anjrah