Jadi Pembicara Seminar Internet Marketing Di Pesantren Wirausaha Klaten

Posted on

Anjrahweb.Com – Asli, sebenarnya saya sendiri merasa belum pantas dijadikan pemateri atau Pembicara Seminar Internet Marketing Di Pesantren Wirausaha Klaten Abdurahman bin Auf Delanggu. Bayangkan, pembicara lainnya sudah super super.

Tengoklah pak Jamil Azzaini, Pak Among, Pak Anthon, dan saya mah bukan apa apanya.

Tetapi what ever lah, dalam mindset saya, saya niatkan berbagi kepada adik adik kelas saya. Saya dulu, lima tahun yang lalu, juga belum bisa se-alhamdulillah ini kalau kakak kakak kelas dari dunia internet marketing tidak ada yang mau berbagi.

Topik Materi Internet Marketing yang Di kupas apa?

Pada sesi yang panjang, dari sejak 09.00 – 17.00 WIB saya diminta membekali adik adik sekalian mengenai ilmu yang perlu disiapkan untuk terjun online. Memahami peta bisnis online hari ini sekaligus kiat praktis yang bisa langsung digunakan buat promosi.

So saya paparkan situasi bisnis online hari ini, peluang, tantangan, dan ya apa yang sebaiknya bisa kita lakukan. Ujungnya saya minta temen temen download beberapa software opensource seperti photoscape dan lightshot guna menyusun materi promosinya.

Wah, masak pakai software gituan? Ya kalau situ bisa photoshop dan coreldraw silakan, itu lebih bagus.  Hanya bagi pemula online marketer, tools photoshop dan coreldraw terlalu rumit. Bahkan saya perbolehkan kalau ada yang editi gambar pakai powerpoint atau semacamnya. But, agar kompak pakai photoscape aja.

 

Anjrah Pasar Semarang Rekomendasi Pemateri Seminar Bisnis Online untuk Pemula
Sharing Kemarin ( 20/08/2015) di Delanggu Klaten

 

Ringkasnya lebih lengkap materi internet marketing yang saya sampaikan:

  1. Kenalan dulu
  2. Semua sudah berubah ( mengenal iklim internet marketing)
  3. Riset Pasar
  4. Kenal Ragam Channel Marketing di dunia online
  5. Ilmu SEO, dasar pengenalan google dasar pikirnya
  6. Praktikum dengan strategi Youtube Marketing

Ya gitu lah. Akhir materi saya ajak peserta battle kata kunci. Siapa yang nomor satu di Google, dapat hadiah spesial dari saya. Sayangnya, ada beberapa peserta yang curi start, jadi saya batalkan hehe. Curi start karena terlalu semangat praktek materinya.

Oya, Btw, ini Pamletnya:

Pembicara Internet Marketing Bisnis Online untuk Kampus Mahasiswa
Cuplikan Pamfletnya

 

Ya gitu gitulah, seru, capek juga karena saya udah lama nggak manggung pasca saya putuskan untuk fokus mengembangkan usaha dan rehat sebentar dari dunia training motivasi (sejak 2005an saya udah disitu). Sorenya para santri mampir ke rumah. Seru, makasih banget udah beri kesempatan saya berbagi dan sharekan ya apa yang menjadi pengalaman saya. Semoga materi internet marketingnya berguna ya buat adik adik sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *